WISATA

Kopi Indonesia Disebut Berpotensi Tarik Wisawatan

ilustrasi kopi Indonesia. (Foto: Swivel Coffee)

Kate.id – Kopi Indonesia memiliki potensi untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia. Sehingga komoditas ini patut untuk dikembangkan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (23/4/2020). Kata dia, kopi memiliki potensi, selain produknya itu sendiri bisa menjadi daya tarik luar biasa.

“Kalau ada wineyard, kenapa tidak ada coffeyard yang menjadi destinasi luar biasa,” sebut Wishnutama.

Dia menilai potensi kopi untuk dikembangkan lebih besar dari sekarang sangatlah mungkin. Khususnya di tengah pandemi Covid-19 di mana usaha pengolahan kopi tetap dapat berjalan.

“Ada potensi untuk mengembangkan kopi jauh lebih besar sekarang. Di saat pandemi ini, kopi bisa menjadi potensi buat kita untuk mendorong usaha anak-anak bangsa pada saat bersamaan,” bebernya.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Perindustrian dan Tokopedia mengampanyekan #SatuDalamKopi. Tujuannya untuk menggeliatkan industri kopi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, seluruh pihak termasuk pelaku industri kopi perlu beradaptasi dengan situasi baru untuk dapat tetap bertahan pada situasi saat ini. Salah satunya yakni memanfaatkan teknologi internet untuk menjajakan produk-produk kopi lokal.

“Kita perlu beradaptasi dengan situasi yang baru, di mana ini adalah new normal,” tukas Angela.

Diketahui, kampanye nasional #SatuDalamKopi yang diadakan pada 20-26 April 2020 di Tokopedia akan melibatkan hampir 1.000 pelaku industri kopi dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Tak hanya pelaku industri kopi, para pecinta kopi pun bisa turut berpartisipasi dalam menyemarakkan kampanye #SatuDalamKopi yang diselenggarakan selama tujuh hari tersebut. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top