NASIONAL

Nekat Mudik, Siap-siap Disuruh Putar Balik

Ilustrasi pemudik (Dok Istimewa)

JAKARTA, Kate.id – Presiden Joko Widodo(Jokowi) telah mengumumkan larangan mudik di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Polda Metro Jaya pun akan menggelar Operasi Kerupat pada Jumat (24/4/2020). Petugas akan fokus mengawasi kendaraan-kendaraan yang keluar/masuk wilayah Jabodetabek. Terlebih bagi mereka yang masih nekat mudik di masa pandemi Covid-19 ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan pihaknya akan memberi sanksi dengan menyuruh kendaraan pemudik untuk memutar balik.

“Sangsinya sampai nanti kita menunggu keputusan lebih lanjut dari Pemerintah. Bagi yang melanggar ini sementara akan kita suruh putar balik,” tegas Kombes Sambodo dalam koferensi pers, Rabu (22/4/2020).

Ia menjelaskan bahwa petugas akan melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan- kendaraan di 19 pos pengamanan terpadu yang tersebar di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

“Bagi (pemudik) yang coba- coba melanggar melewati Jabodetabek tanpa ijin akan kita putar balikan kembali ke arah Jakarta,” ujar dia.

Ia menjelaskan, dalam Operasi Ketupat ada 19 Pospam terpadu yang didirikan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tiga pos diantaranya di pintu tol Cikarang Barat, pintu Tol Cimanggis dan pintu tol Bitung yang mengarah ke arah Merak.

Sementara 16 pospam terpadu, ada lima di Tangerang Kota yakni di Lippo Karawaci, Batuceper, Cileduk, Kebon Nanas dan Jatiuwung. Ada dua pos di Tangerang Selatan yakni di jalan raya Puspitek dan Curug.

Dua pos di Depok berada di Jalan Raya Bogor Cibinong dan Citayam. Tiga di Bekasi Kota yakni di Sumber Artha, Bantar Gebang dan Cakung. Serta empat pos pengamanan terpadu di Bekasi Kabupaten yakni, Cibarusah, Kedung Waringin, Bojong Mangu dan Pebayuran.

Selain itu, petugas juga mengawasi pemudik yang coba- coba melalui jalur- jalur tikus. “Di jalur- jalur tikus ada pos cek poin PSBB yang masih berlaku dan Polsek- Polsek juga akan mengawasi,” jelas dia.

Menurut dia, para petugas akan mengedepankan sikap humanis saat melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara. (IP)

Comments

BERITA TERBARU

To Top