HUKUM & KRIMINAL

Pekan ke-16 PSBB, Tren Angka Kejahatan Naik 11,80 Persen

Ilustrasi Kejahatan (Foto Istimewa/ pexels)

JAKARTA, Kate.id – Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 masyarakat tak hanya harus waspada terkait ancaman wabah corona. Namun, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan diri dari ancaman kejahatan. Sebab, tren angka kejahatan di tengah wabah corona ini mengalami peningkatan.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menyampaikan, ada tren kenaikan angka kejahatan selama penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Berdasarkan evaluasi, untuk jumlah kejahatan pada minggu ke-15 dan ke-16, secara keseluruhan mengalami angka peningkatan sebesar 11,80 persen. Tren kejahatanya adalah terkait kejahatan curat, selama PSBB,” kata Asep dalam konferensi pers Divhumas Mabes Polri, Senin (20/4/2020).

Meskipun terjadi kenaikan angka kejahatan di pekan ke-16, ia memastikan bahwa secara umum situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Indonesia masih dalam keadaan aman dan terkendali.

Menurut dia, Polri menjamin pengamanan dan keamanan masyarakat. Upaya-upaya pencegahan pun tetap dilakukan. Pihaknya pun akan menindak tegas pelaku kejahatan yang membuat resah masyarakat.

“Jika tindak kejahatan terjadi, Polri pun akan bertindak tegas terhadap pelaku- pelaku kejahatan,” tegas dia.

Hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, serta dalam rangka mengurangi ruang gerak para pelaku kejahatan. (ip)

Comments

BERITA TERBARU

To Top