SEPAK BOLA

Barcelona Bakal Tutup Camp Nou hingga Tahun Depan

Stadion Camp Nou. (foto: ist)

Kate.id – Stasion Camp Nou yang menjadi homebase FC Barcelona, Spanyol bakal ditutup hingga tahun depan. Rencana ini merupakan skenario yang disiapkan klub asal Catalonia itu menghadapi pandemi virus corona baru (Covid-19) yang tak jua berakhir.

Rencana Barcelona itu tertulis dalam laporan internal yang bocor ke publik dan diungkapkan La Vanguardia. Menurut lansiran media Spanyol AS Selasa (21/4/2020), skenario tersebut menyangkut sejumlah strategi finansial klub hingga proyek lanjutan.

Dikatakan, Barcelona menyiapkan dua rencana. Skenario paling realistis adalah kompetisi musim ini akan ditunda dan musim berikutnya digelar pada September 2020.

Dengan begitu, bursa transfer akan dibuka pada 15 Agustus hingga 15 September. Sedangkan skenario kedua adalah adalah menutup Camp Nou hingga Februari 2021.

Bacelona adalah satu dari banyak klub Eropa yang terkena dampak pandemi Covid-19. Blaugrana, sebutan klub ini, sudah tidak bermain sejak Maret lalu. Menyusul dihentikannya kompetisi La Liga akibat penyebaran virus Corona dan kini menjangkiti lebih dari 200 negara di dunia.

Berhentinya kompetisi juga membuat banyak klub tidak mendapatkan pemasukan dan berdampak bagi keuangan klub, termasuk klub besar seperti Barcelona. Mereka harus menerapkan sejumlah kebijakan termasuk memotong gaji para pemain untuk bisa tetap bertahan dalam krisis global ini.

Sejumlah pihak mulai mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali kompetisi meski tanpa adanya penonton. Namun pertimbangan tersebut memicu pro kontra mengingat tingginya resiko yang mungkin terjadi. Situasi ini telah membuat Barcelona menyiapkan sebuah skenario yang terburuk.

Otoritas sepak bola di Spanyol sebenarnya sudah membahas nasib kompetisi. Namun masih menyebabkan pro dan kontra, salah satu skenario paling realistis adalah melanjutkan kompetisi mulai 15 Juni tanpa penonton.

Sebelumnya, Presiden Barca Josep Maria Bartomeu berharap La Liga musim ini tidak dibatalkan. Ia berharap kompetisi tersebut kembali bergulir sebelum 30 Juni dan berakhir Juli atau Agustus 2020.

“Kami tidak punya masalah dengan itu. Yang tidak kami inginkan adalah bermain secara tertutup (tanpa penonton) atau pertandingan setiap 48 jam,” tutur Josep Maria. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top