OLAHRAGA

Bisbol di Tengah Pandemi, Para Pemain Berkelahi

Henry Sosa, pemain Fubon Guardians berkelahi dengan pitcher Rakuten Monkeys, Yu Hsun Chen. (Foto: Getty Images)

Kate.id – Bukannya menjaga jarak fisik di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), para pemain bisbol di Taiwan malah saling hantam satu sama lain. Hal ini terjadi dalam pertemuan Rakuten Monkeys melawan Fubon Guardians.

Bertanding di stadion yang kosong, liga bisbol Taiwan CBPL terus berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Namun jarak sosial (social distancing) dilupakan ketika pertandingan berubah menjadi perkelahian di lapangan pada Ahad (19/4/2020).

Kerusuhan terjadi setelah pitcher Fubon Henry Sosa melempar Kuo Yen-wen pada pinggulnya dengan bola di lapangan, yang keempat di lapangan terhadap Kuo. Fans yang mengikuti laga dari TV pun menyaksikan saat Rakuten Monkeys melawan Fubon Guardians meletus dalam perkelahian di bangku cadangan.

“Ada emosi meledak di sana sekarang,” kata komentator berbahasa Inggris di Eleven Sports Taiwan, yang sudah mulai menyiarkan pertandingan kandang Rakuten Monkeys dalam bahasa Inggris ke seluruh dunia.

“Bagi penonton internasional kami, Anda perlu mengerti bahwa ini tidak pernah sungguh-sungguh terjadi pada CPBL. Ini biasanya liga yang sangat konservatif. Mereka bahkan tidak sering berdebat mengenai bola atau pukulan atau out yang sangat sering terjadi,” imbuhnya.

Musim baru bisbol Taiwan dibuka akhir pekan lalu. Meskipun fans tidak diperbolehkan masuk ke tribun dalam upaya untuk menjaga infeksi tetap rendah.

Rakuten menjadi berita utama setelah mereka meluncurkan sekelompok robot untuk memukul drum dan manekin menjadi fans. Eleven Sports Taiwan mengatakan hampir satu juta permisa dalam dua pertandingan yang disiarkan langsung dengan komentar berbahasa Inggris pekan lalu.

Terlepas dari kedekatannya maupun hubungan ekonomi dengan China, Taiwan hanya mengonfirmasi 422 kasus serta enam kematian. Pulau tersebut telah menjadi contoh bagaimana memerangi wabah virus.

Sebagai tolok ukur keberhasilannya, Taiwan mempunyai satu dari sedikit liga olahraga profesional di dunia yang masih beroperasi. Dengan audiens internasional baru yang haus pertandingan di negara asalnya.

Banyak liga olahraga lainnya menghadapi keputusan sulit untuk menentukan apakah dan kapan akan memulai musim baru selama berlangsungnya pandemi. Liga bisbol profesional di Korea selatan dan Jepang menargetkan akan mulai pada Mei dan Juni berturut-turut setelah ditunda.

Namun Major League Baseball (MLB) AS mungkin membatalkan musim 2020 keseluruhan karena kematian akibat virus corona di Amerika telah melebihi 40 ribu. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top