NASIONAL

Sudah Enam Ribu Lebih Terjangkit Covid-19 di Akhir Pekan

ilustrasi virus corona.

Kate.id – Sudah lebih dari enam ribu orang terjangkit virus corona baru (Covid-19) di akhir pekan ini. Data Sabtu (18/4/2020) menunjukkan, ada penambahan 325 kasus baru. Penambahan ini membuat jumlah kasus positif Covid-19 menjadi 6.248 kasus.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 melaporkan penambahan pasien sembuh sebanyak 24 orang. Sehingga kini sudah ada 631 pasien yang sembuh.

Namun di satu sisi, jumlah kematian akibat Covid-19 juga terus bertambah. Penambahannya sebanyak 15 orang, sehingga kini total ada 535 orang yang meninggal dunia lantaran Covid-19.

“Kami yakini penyebaran ini masih terjadi. Karena itu mari berpartisipasi lebih banyak dan serius lagi, dengan terus mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah, menjaga jarak, memakai masker terutama di daerah-daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar,” ungkap kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Sabtu.

Hingga saat ini Gugus Tugas telah memeriksa 45.378 spesimen di 35 laboratorium, sementara kasus yang diperiksa 39.422 spesimen.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 176.344 orang dan 12.979 orang pasien dalam pengawasan (PDP) di 34 provinsi. “Kita berharap yang 12 ribu ini benar-benar dalam pengawasan,” tambah dia.

Yurianto menyatakan, Pemerintah Pusat telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp 400 triliun untuk memerangi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah telah bersungguh-sungguh untuk menjamin perawatan kesehatan bagi rakyat apabila terjangkit Covid-19.

Dia merinci anggaran ratusan triliun itu diperuntukan pada pos-pos seperti layanan pencegahan penularan, kesehatan, hingga jaring pengaman sosial berupa bantuan logistik maupun stimulus ekonomi yang terdampak.

Dengan diberikannya bantuan tersebut, maka masa bekerja maupun tinggal di rumah saja akan berjalan efektif karena kebutuhan logistik terpenuhi.

“Sehingga keinginan kita untuk tetap di rumah mengurangi kemungkinan penularan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Yuri.

Jubir Pemerintah Pusat itu juga mendorong masyarakat agar patuh terhadap imbauan-imbauan pemerintah dalam rangka menekan angka penularan seperti menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker jika harus keluar rumah.

“Karena inilah cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kontribusi langsung dalam penanganan Covid-19,” tutur Yurianto. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top