NASIONAL

Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah, Sudah Lewati Total Kematian

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (Foto: Gugus Tugas)

Kate.id – Kabar baik bagi masyarakat Indonesia. Angka kesembuhan virus corona baru (Covid-19) terus bertambah. Malahan sudah melampaui total kasus kematian yang terjadi.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat hingga Kamis (16/4) terjadi peningkatan signifikan pasien sembuh sebanyak 102 orang. Sehingga total menjadi 548 orang yang sembuh, sedangkan yang positif menjadi 5.516 kasus di Indonesia.

“Kita patut bersyukur pada hari ini penambahan pasien sembuh sebanyak 102 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Kamis.

Berdasarkan pencatatan data sejak Rabu (15/4) pukul 12.00 WIB hingga Kamis pukul 12.00 WIB, akumulasi pasien positif bertambah 380 orang menjadi 5.516 kasus dan terjadi 27 kematian sehingga total korban meninggal menjadi 496 orang.

Yurianto mengatakan, pengujian sampel orang-orang yang diduga terpapar wabah COVID-19 akan dilakukan secara lebih masif. Guna mempercepat penanganan pandemi tersebut.

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI dan Polri telah bersama-sama meningkatkan jumlah laboratoirum yang mampu melaksanakan pengujian sampel dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan dari laboratorium tersebut.

Pemeriksaan tersebut akan terus dilaksanakan sehingga target untuk bisa menguji minimal 10.000 sampel per hari dapat dilakukan. Terkait isolasi yang dilakukan masyarakat secara mandiri, ia juga meminta untuk lebih diperketat, baik isolasi mandiri yang dilaksanakan di rumah maupun isolasi kelompok yang diinisiasi oleh kelompok masyarakat, seperti dari RT/RW dan desa.

Inisiatif tersebut, katanya, menjadi sesuatu yang sangat berkontribusi terhadap pelaksanaan isolasi. “Kita harus bersama-sama harus memberi ruang dan waktu kepada saudara-saudara yang melaksanakan isolasi diri di rumah,” tegas Yurianto. (*)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top