EKONOMI & BISNIS

Pendaftar Program Kartu Prakerja Sudah Mencapai 3,7 Juta Akun

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Antara)

Kate.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hingga hari ini pendaftar gelombang pertama program Kartu Prakerja mencapai 3,7 juta akun.

Jumlah pendaftar program yang dicanangkan pemerintah sebagai antisipasi bagi penduduk yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 tersebut, sejak diluncurkan 11 April lalu, melalui situs resmi www.prakerja.go.id

“Jumlah user yang registrasi per jam 12 siang ini mencapai 3,7 juta, yang sudah verifikasi email, NIK, dan lolos pada batch pertama jumlahnya 926.790,” kata Airlangga, Selasa di Jakarta (14/4), seperti dikutip dari Antara.

Airlangga menyampaikan, angka tersebut menunjukkan bahwa dampak Covid-19 betul-betul dirasakan masyarakat, terutama dari segi lapangan pekerjaan yang terganggu. Dengan jumlah demikian, pemerintah memandang akan terdapat lima gelombang yang akan diproses untuk program tersebut.

Dilihat dari provinsi, lanjut Airlangga, Jawa Barat merupakan provinsi yang terdampak cukup dalam, kemudian disusul DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Ini data yang kami peroleh, jadi dampak Covid-19 selain ke kesehatan, juga sosial ekonomi, dan sektor riil, dan terkait juga dengan kehilangan pekerjaan,” ujar Ketua Umum Partai Golkar ini.

Selain itu, tambah Airlangga, dunia usaha, Usaha Kecil Menengah, dan koperasi juga perlu mendapat mendapat dukungan, sehingga mamph bertahan dan beroperasi.

Dalam hal ini, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah akan meluncurkan kebijakan lanjutan yakni transformasi struktural dibidang ekonomi untuk melengkapi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) berupa Rancangan Undang-undang tentang Cipta Lapangan Kerja.

“Transformasi ini fundamental terkait obesitas regulasi, angka angkatan kerja, UMKM dan kepastian hukum,” pungkas Airlangga. (ant/hs)

Comments

BERITA TERBARU

To Top