EKONOMI & BISNIS

Pembatasan Penerbangan di Bandara Kalimarau Tidak Diperpanjang, Maskapai Kembali Beroperasi

Bandara Kalimarau kabupaten Berau. DOK ISTIMEWA

BERAU, Kate.id – Bandar Udara (Bandara) Kalimarau di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dibuka untuk umum pada Selasa 14 April 2020. Sebelumnya bandara di wilayah utara Kaltim ini dilakukan pembatasan penerbangan komersil selama 14 hari, sejak 31 Maret 2020, sebagai langkah pencegahan virus corona (Covid-19) masuk ke wilayah Berau.

Keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur kembali menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait, untuk membahas kelanjutan pembatasan transportasi udara di Bandara Kalimarau masuk wilayah Berau, di ruangan VIP bandara, Senin (13/5/2020).

Bupati Berau, Muharram mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan telah diputuskan oprasional penerbangan di Bandara Kalimarau yang sempat dilakukan pembatasan akan kembali dibuka kembali.

“Kita tidak ada kewenangan untuk menghentikan aktivitas penerbangan tanpa ada keputusan dari pemerintah pusat, jadi mulai besok aktivitas penerbangan mulai dibuka kembali,” ujarnya saat ditanaya awak media usai menggelar pertemuan di ruangan VIP Bandara Kalimarau.

Pemerintah Kabupaten Berau, menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait pembukaan Bandara Kalimarau di tenga pandemi Covid-19 di VIP Roon bandara. – Dok humas pemkab berau.

Namun akan ada  pengawasan ketat oleh otoritas Bandara Kalimarau yang dibantu oleh petugas kesehatan, Polri dan TNI di Bandara. Setiap orang yang habis melakukan perjalanan udara dari luar daerah akan diwajibkan mengikuti instruksi pemerintah melakukan karantina mandiri.

“Akan dilakukan pengawasan ketat di bandara oleh otoritas bandara bersama petugas kesehatan, Polri dan TNI,” tegasnya.

Muharram menyebutkan penumpang yang baru tiba di Kabupaten Berau juga akan dilakukan pengisian formulir untuk mengetahui riwayat penumpang yang tiba.

“Jika orang yang datang ke Berau ini statusnya PDP maka mobil tim gugus yang akan langsung menjemput, jadi kita sediakan mobil khusus,” imbuhnya.

“Yang baru datang diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri di rumah juga dikarantina di tempat yang telah kita sediakan,” pungkasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top