METROPOLIS

Legislatif Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Samboja, Kutai Kartanegara

Ketua Komisi II DPRD Kukar Rendi Solihin (baju hitam) saat memantau banjir di Kecamatan Samboja. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Ratusan rumah di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terendam banjir. Intensitas hujan yang tinggi disertai luapan Sungai Merdeka diduga menjadi pemicu banjir di sejak Kamis (9/4/2020) lalu.

Sejumlah anggota DPRD Kukar pun menyambangi masyarakat terdampak banjir pada Jumat (10/4) kemarin. Di antaranya Ketua Komisi II DPRD Kukar Rendi Solihin serta Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Dua kelurahan yang terendam yaitu Sungai Seluang dan Sungai Merdeka. Tingginya sedimentasi serta penyempitan pada sungai diduga menjadi pemicunya. Meski berangsur surut, namun air tetap masih menggenangi sejumlah pemukiman warga.

Rombongan anggota DPRD Kukar beserta perangkat kecamatan dan kelurahan turut hadir. Juga tampak perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar. Penyempitan jalur sungai, disinyalir turut membuat daya tampung air terganggu.

Penyempitan aliran sungai diduga akibat badan jalan tol Balikpapan-Samarinda juga turut menjadi pemicu. “Kami ingin mengetahui penyebab banjir di Samboja ini. Agar bisa segera disikap instansi teknis terkait. Makanya, kami lakukan pengecekan lapangan,” ujar Rendi.

Salah satu solusi penanganan banjir tersebut lanjut Rendi, yaitu dengan melakukan normalisasi sungai merdeka. Sehingga, dengan penanganan sedimentasi di sungai merdeka, maka diharapkan bisa meminimalisasi luapan sungai saat hujan turun.

“Segera juga akan kami bahas dengan OPD teknis untuk segera ditindaklanjuti,” tutupnya. Satu alat berat milik perusahaan sempat diperbantukan untuk membuat aliran pembuangan air sungai menjadi lebih lancar. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top