NASIONAL

Bertambah Tiga Ratus Kasus, Positif Covid-19 Lewati Angka Tiga Ribu

Jubir pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (Foto: Gugus Tugas)

Kate.id – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia sudah melebihi angka tiga ribu kasus. Update terbaru Kamis (9/4/2020) menyatakan, ada 3.293 orang di Indonesia yang terjangkit virus mematikan ini. Ironisnya dalam sehari terjadi penambahan kasus hingga 337 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, dari angka total itu terjadi penambahan 30 orang yang sembuh. Sehingga jumlah pasien yang sembuh sebanyak 252 orang.

Sayangnya angka kesembuhan itu belum bisa melampaui angka kematian. Terjadi penambahan 40 orang meninggal karena Covid-19, sehingga kini total kematian menjadi 280 kasus.

“Gambaran ini sangat menyedihkan bagi kita, karena kita tahu di luar masih terjadi penularan,” kata Achmad Yurianto.

Dia mengatakan, efisiensi penggunaan masker oleh masyarakat untuk menekan angka kasus positif terinfeksi Covid-19 yang dimulai pekan ini akan terlihat hasilnya dalam pekan depan. Data yang dihimpun Kamis, kurang lebih menggambarkan kondisi masyarakat kita di seminggu yang lalu.

“Karena kita tahu meskipun masa inkubasi terpanjangnya 14 hari, namun rata-rata adalah 5-6 hari yang lalu,” jelasnya.

Berkaca dari data terbaru, terdapat realita menyedihkan karena penularan masih berlangsung dengan tingkat kenaikan yang signifikan berlangsung sampai saat ini di Indonesia. Dia berharap akan ada penurunan dalam jumlah pertambahan kasus baru penyakit yang disebabkan virus corona baru itu dengan kebijakan pemerintah untuk mewajibkan penggunaan masker terutama di tempat-tempat umum.

“Mudah-mudahan dengan kita menggunakan masker sejak seminggu ini kita bisa melihat hasilnya pada minggu depan. Apakah kepatuhan ini dijalankan dengan baik atau tidak,” tegasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top