NASIONAL

Sarana Transportasi Harus Tetap Dibuka Selama Covid-19

Sarana prasarana transportasi harus selalu dibuka termasuk bandara. (Istimewa)

Kate.id – Sarana dan prasarana transportasi publik mulai dari bandara dan terminal harus selalu dibuka sekalipun ada wabah virus corona baru (Covid-19). Hal ini ditegaskan Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ad Interim Menteri Perhubungan (Menhub).

Dia meminta para stakeholder terkait untuk tidak melakukan penutupan terhadap prasarana transportasi publik. Sebagaimana dituangkan dalam Surat Menhub Nomor PL. 001/1/4 PHB 2020 perihal Operasionalisasi Bandar Udara, Pelabuhan dan Prasarana Transportasi lainnya tertanggal 6 April 2020.

“Dalam rangka memberikan kepastian terhadap pelayanan transportasi nasional tetap berjalan, maka Kementerian Perhubungan mengharapkan dukungan dan kerja sama seluruh Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta stakeholder terkait untuk bersama-sama memastikan agar pelayanan transportasi di wilayah operasional Bandar Udara, Pelabuhan, Terminal, Stasiun dan prasarana transportasi lainnya dapat tetap berjalan,” bunyi surat Luhut itu.

Operasional seluruh sarana transportasi itu, kata dia, tetap dapat berjalan dengan mengoptimalkan pengawasan. Serta mengacu protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Menambahkan Luhut, juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan, kepastian pelayanan transportasi tetap dapat berjalan baik. Hal ini dilakukan untuk menjamin lancarnya lalu lintas distribusi barang/logistik yang masih dibutuhkan masyarakat.

“Penutupan fasilitas transportasi seperti bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun, harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat agar tidak mengganggu distribusi logistik yang dibutuhkan masyarakat,” sebut Aditia.

Di sisi lain, dia juga mengajak tiap operator angkutan penumpang untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Terutama kepada masyarakat yang hendak mudik di tengah penyebaran virus corona.

“Kemenhub terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik dan akan menerapkan aturan yang ketat sesuai dengan protokol kesehatan bagi masyarakat yang tetap ingin mudik,” tegasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top