POLITIK

Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta Gantikan Sandiaga Uno

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berfoto bersama Wagub DKI terpilih di DPRD DKI Jakarta, Ahmad RIza Patria. (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Kate.id – Kursi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta akhirnya terisi. Adalah Ahmad Riza Patria, politisi Gerindra yang terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno yang mundur lantaran berkiprah di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 silam.

Pada pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 oleh DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020), Riza Patria memperoleh 81 suara. Sedangkan politisi PKS Nurmansjah Lubis memperoleh 17 suara, lalu ada dua suara tidak sah.

Riza merupakan putra Banjar, lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969. Dia adalah putra tokoh Kalimantan Selatan (Kalsel) di Jakarta, H Amindhan Shaberah yang juga mantan Dirjen Haji dan Bimas Islam Departemen Agama (Depag) RI (sebelum menjadi Kemenag RI). Amidhan pernah menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 1995-2015.

Riza merupakan lulusan sarjana Teknil Sipil, Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta pada tahun 1997. Kemudian dia menyelesaikan studi magister jurusan Administrasi Bisnis di ITB pada tahun 2008.

Riza diketahui pernah menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada 2003 hingga 2008. Selepas itu Riza berkiprah di parlemen sejak 2014.

Tahun 2014 hingga 2019, Riza menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI. Pada periode yang sama, Riza juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI. Riza juga pernah menjabat sebagai Ketua Panita Kerja (Panja) Pertanahan Indonesia DPR RI pada 2014 hingga 2018 dan Wakil Ketua Pansus Undang-Undang Pemilu DPR RI pada 2016 hingga 2017.

Riza kembali masuk Kompleks Parlemen sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Gerindra periode 2019-2024. Dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI periode 2019-2024. Mengikuti jejak sang ayah yang berkarier di bidang agama, Riza juga menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Darul Muttaqien di Bogor, Jawa Barat sejak 2010 hingga kini.

DIMINTA BANTU TANGANI COVID-19

Anies Baswedan dan Riza Patria. (Foto: FB Ahmad Riza Patria)

Mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap Riza bisa membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatasi persoalan Jakarta. Terutama terkait pandemi virus corona (Covid-19). Apalagi Jakarta diketahui menjadi episentrum penularan corona di Indonesia.

“Membantu kerja Pak Gubernur Anies Baswedan,  khususnya dalam menghadapi pandemi Coronavirus (Covid-19),” kata Sandiaga.

Sebagai rekan sesama kader Gerindra, Sandiaga meyakini Riza bisa menjadi mitra yang baik untuk Anies selama masa jabatan nanti hingga 2022 mendatang. 

“Saya juga percaya Pak Riza, akan menjadi mitra kerja yang baik untuk Pak Anies dalam penciptaan lapangan kerja sekaligus ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga stabil dan terjangkau bagi warga DKI,” sambungnya.

Sementara itu melalui akun media sosial Instagramnya, calon Wagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah mencurahkan kesedihannya. Dia mengunggah sebuah foto yang berisikan ‘PKS sendiri lagi’.

PKS sendiri lagi. Sahabat sahabat taqdir berbicara bahwa Nurmansjah Lubis belum diizinkan Allah menjadi Wagub DKI Jakarta. Score 17 lawan 81 kursi PKS hanya 16 kursi. Hanya 1 suara misterius yang berpihak. Kompetisi cawagub saat ini hanya PKS yang berpihak,” tulis Nurmasnjah dalam akun instagram, kopi_bang-ancah, Senin.

Jazakallahu khoir atas doa dan dukungan semua antum,” tutup Nurmansjah. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top