ADVERTORIAL

Percepat Penanganan Covid-19, Ini Kebijakan Strategis Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menjadi figur kepala daerah yang cepat dan tepat dalam menangani Covid-19. (Foto: Dokumentasi pribadi)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Berbagai kebijakan strategis diambil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dalam menangani virus corona baru (Covid-19). Tiga sektor menjadi fokus utama yaitu kesehatan, ekonomi dan sosial.

Setelah menyita perhatian publik dengan langkah cepat menyediakan sejumlah tempat karantina bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19, Edi mengumumkan sejumlah kebijakan. Diharapkan bisa melakukan percepatan penanganan wabah pandemi global itu.

Penetapan status siaga darurat bencana di Kukar, membuat tim gugus tugas yang dipimpin langsung bupati melaksanakan tiga fokus prioritas kerja. Yaitu upaya pencegahan, meliputi langkah promotif, preventif dan surveilance. Selain itu upaya penanganan ODP, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan kasus konfirmasi Covid-19 positif, serta proses pemulihan.

“Harapannya, pelaksanaan berbagai kebijakan strategis nantinya bisa tepat dan terukur. Semua untuk kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Pemkab Kukar pun, lanjut Edi, segera menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri 440/2622/SJ, 29 Maret. Tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah, Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, Serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019, Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah serta Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

“Atas dasar itulah, kami segera mengambil berbagai kebijakan yang harapannya bisa mempercepat penanganan Covid-19. Termasuk dampak yang muncul akibat kebijakan yang diambil pemerintah,” tambah Edi.

Berbagai kebijakan untuk kepentingan warga diambil. Misalnya saja penyediaan bahan pangan gratis bagi masyarakat terdampak dengan kerentanan ekonomi yang tinggi serta membuka ruang bagi pekerja terdampak.

Selain itu, Pemkab Kukar juga membebaskan pembayaran tagihan air gratis kepada pelanggan Kelompok I dan II. Kecuali instansi pemerintah, untuk pembayaran pemakaian air pada Maret 2020 yang dibayarkan April 2020. Begitupun untuk pemakaian April yang akan dibayarkan Mei 2020.

Sementara itu, untuk pelanggan Kelompok III dan IV tetap melakukan pembayaran untuk pemakaian Maret 2020 yang dibayarkan pada bulan April 2020. Selanjutnya pemkab memberikan keringanan pembayaran dengan menyubsidi pada 10 Meterkubik pertama untuk pemakaian April yang akan dibayarkan Mei tahun 2020 kecuali Instansi pemerintah.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang namun waspada dalam menangani Covid-19 ini. Begitu juga dengan keterlibatan aktif para pelaku usaha untuk membantu dan mendukung rencana strategis yang telah di dukung pemerintah itu,” lanjut Edi. (*)

KEBIJAKAN STRATEGIS PEMKAB KUKAR TANGANI COVID-19

Bidang Kesehatan:

  • Penyediaan bahan pencegahan penularan bagi masyarakat yang rentan terdampak.
  • Penyediaan sarana dan prasarana tenaga medis.
  • Penyediaan tambahan insentif bulanan dan santunan resiko terburuk tenaga medis.
  • Penyediaan tempat-tempat isolasi/karantina.

Bidang Ekonomi:

  • Penyediaan bahan pangan gratis bagi masyarakat terdampak dengan kerentanan ekonomi yang tinggi, melalui pelaksanaan operasi pasar terbatas bagi ODP, OTG dan PDP. Serta pekerja sektor informal yang terverifikasi oleh pemkab.
  • Membuka ruang bagi pekerja terdampak (seperti: Ojol), dan masyarakat umum sebagai relawan penanganan COVID-19 dengan kompensasi harian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Membebaskan pembayaran tagihan air (gratis) kepada pelanggan Kelompok I dan II kecuali instansi pemerintah, untuk pembayaran pemakaian air pada Maret 2020 yang dibayarkan bulan April 2020, begitupun untuk pemakaian April yang akan dibayarkan Mei 2020.
  • Untuk pelanggan Kelompok III dan IV tetap melakukan pembayaran untuk pemakaian Maret 2020 yang dibayarkan pada bulan April 2020. Selanjutnya memberikan keringanan pembayaran dengan mensubsidi pada 10 Meterkubik pertama untuk pemakaian bulan April yang akan dibayarkan bulan Mei tahun 2020 kecuali Instansi Pemerintah.

Bidang Sosial :

  • Peningkatan sarana dan prasarana mobilitas kepada seluruh petugas kebencanaan daerah.
  • Penyediaan APD bagi petugas kebencanaan sesuai dengan standard penanganan bencana wabah penyakit.
  • Penyediaan bahan pangan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin.
  • Penambahan kapasitas cadangan pangan beras bagi masyarakat miskin dan rentan miskin.

Catatan :
Langkah-langkah strategis yang disusun, selanjutnya dilakukan klasifikasi tingkat urgensitas sesuai dengan situasi kondisi yang terjadi, yang terbagi atas 3 klasifikasi, yakni

  • Tingkat Tinggi, dengan kriteria segera dilakukan dan terkait langsung dengan pemutus rantai penyebaran Covid-19 dengan sasaran masyarakat terdampak langsung.
  • Tingkat Sedang, dilaksanakan tidak terkait langsung dengan masyarakat yang terdampak, namun terpengaruh dengan kebijakan penanganan Covid-19.
  • Tingkat Rendah, dilaksanakan yang disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan teknis yang harus terpenuhi dan bersifat disesuaikan situasi dan kondisi terhadap tingkat keparahan dampak Covid-19.

Sumber: Press Release Pemkab Kutai Kartanegara.

Comments

BERITA TERBARU

To Top