INTERNASIONAL

Kucing Peliharaan di Hong Kong Positif Tertular Corona

Seekor kucing di Tiongkok dikenakan masker pada mulutnya di tengah wabah virus corona. Seekor kucing di Hong Kong belakangan dialporkan tertular virus corona. ( AsiaWire )

Kate.id – Seekor kucing peliharaan di Hong Kong dilaporkan terbukti positif virus corona baru (Covid-19). Hal diketahui setelah pemiliknya dikonfirmasi terkena virus. Akan tetapi, Departemen Pertanian dan Perikanan setempat mengatakan binatang itu tidak menunjukkan gejala penyakit.

Dikutip dari Reuters, departemen itu mengatakan belum ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa jadi sumber penyebaran Covid-19, penyakit yang dikibatkan virus corona. Sehingga pemilik hewan peliharaan dianggap tidak perlu menelantarkan peliharaan mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO juga menyatakan dalam laman resmi bahwa tidak ada bukti kucing, anjing atau peliharaan lain bisa menularkan Covid-19.

Kucing ini sendiri menjadi binatang ketiga yang terbukti positif Covid-19 di Hong Kong. Sebelumnya dua ekor anjing terbukti positif setelah berkali-kali dites. Otoritas mengatakan kucing itu akan terus dipantau dan diperiksa. Sampel yang diambil dari mulut, hidung dan anus kucing terbukti positif memiliki virus setelah dia dikarantina pada 30 Maret.

Diketahui hanya ada satu kasus lain virus corona pada kucing, di Belgia, yang diyakini tertular dari pemiliknya, kata Asosiasi Dokter Hewan Hong Kong. Asosiasi itu mengatakan kemungkinan terbesar hewan itu terpapar virus dari pemiliknya atau orang lain yang bersentuhan dengannya, dan kasus ini tidak perlu dikhawatirkan. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top