NASIONAL

Positif Covid-19 Jadi 1.414 Kasus, Kebersamaan Jadi Kunci Perlawanan

ilustrasi

Kate.id – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Senin (30/3/2020), terjadi penambahan sebanyak 129 kasus baru. Sehingga totalnya kini menjadi 1.414 kasus.

Terdapat penambahan kasus kematian dan kesembuhan. Namun begitu angka kesembuhan belum mampu melampaui angka kematian. Sebanyak 122 meninggal dunia sementara 75 orang dinyatakan sembuh. Dijelaskan, pasien yang sembuh bertambah 11 kasus, sementara yang meninggal bertambah 8 kasus.

“Ada penambahan kasus konfirmasi positif. Penularan di luar masih terjadi, kasus positif masih bertambah, saya mengingatkan kembali untuk jaga jarak,” ujar Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Senin (30/3/2020).

Meski terus bertambah namun Yurianto meyakini kebersamaan seluruh komponen bangsa akan mampu melawan penyebaran COVID-19. Dia menilai partisipasi pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 meningkat pesat.

Peningkatan partisipasi masyarakat tersebut tidak hanya terlihat dari hal kepatuhan dan kedisiplinan dalam melaksanakan anjuran-anjuran yang telah diberikan pemerintah. Namun, secara proaktif masyarakat juga telah mulai melakukan penggalangan donasi, serta menyumbangkan waktu dan tenaga untuk saling melindungi antar sesama.

Di beberapa daerah juga telah diterbitkan surat edaran oleh Kepala Daerah mengenai bantuan terhadap masyarakat tidak mampu, dalam kaitan memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. “Dengan cara menggalang dana, partisipasi agar mereka tidak lagi memiliki risiko yang cukup tinggi untuk memaksa keluar rumah dalam rangka memenuhi kehidupan sehari-harinya,” tegasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top