POLITIK

Legislator Usulkan Dana SILPA Digunakan untuk Penanganan Covid-19 Kutai Kartanegara

Ketua Komisi III DPRD Kutai Kartanegara Andi Faisal (Dok. Humas)

KUTAIKARTANEGARA, Kate.id – Dukungan anggaran dari DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) untuk penanganan virus corona baru (Covid-19) terus mengalir. Ketua Komisi III DPRD Kukar Andi Faisal mengatakan, legislatif siap mengalokasikan berapa pun anggaran untuk mendukung penanganan Covid-19 tersebut.

“Berapa pun anggaran yang diperlukan Pemkab Kukar untuk penanganan Covid-19, maka siap kami mendukung. Asalkan perencanaannya jelas,” ujar Andi Faisal.

Dalam kondisi darurat, kata dia, Pemkab Kukar memiliki kewenangan untuk melakukan realokasi anggaran. Hanya saja, sambungnya, nantinya pembahasan laporan tetap akan dilakukan pada APBD-Perubahan mendatang.

Tak hanya menggeser pos anggaran, Pemkab Kukar menurutnya juga bisa menggunakan anggaran dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) APBD tahun 2019.

Jumlah dana Silpa tersebut mencapai lebih dari Rp 1 Triliun. Untuk penggunaannya bisa meliputi penanganan dibidang kesehatan, ekonomi dan sosial. Termasuk meningkatkan fasilitas serta sarana rumah sakit di Kukar.

“Kami di Komisi III DPRD Kukar juga melakukan kajian internal terkait dampak yang muncul akibat Covid-19 di Kukar. Ini bisa disinergikan dengan Pemkab Kukar,” imbuh politisi Golkar itu.

Kata dia, termasuk ketersediaan bahan pangan di Kukar. Juga dampak ekonomi dan sosial yang muncul di tengah masyarakat. “Apalagi ini juga akan memasuki Bulan Ramadan dan Lebaran. Maka kebutuhan masyarakat akan semakin meningkat,” tutupnya. (ahy)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top