ADVERTORIAL

Hotel Tempat Karantina Mahasiswa OTG Covid-19 Kutai Kartanegara Ditambah

Posko penanganan Covid-19 dibangun di halaman Kantor BPBD Kutai Kartanegara

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Ratusan mahasiswa asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang datang dari daerah terjangkit virus corona baru (Covid-19) terus bertambah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang semula hanya menyediakan satu hotel, kini menambah dua lagi hotel dengan kapasitas ratusan orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kukar Martina Yulianti menjelaskan, para mahasiswa yang datang dari daerah terjangkit itu berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Upaya meminimalisasi masuknya virus corona di Kukar memang getol dilakukan.

Meski tidak memiliki gejala menyerupai Covid-19, namun upaya pencegahan dini perlu dilakukan kepada orang yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit. Gelombang kepulangan mahasiswa dan pelajar dari daerah terjangkit itu menyusul liburnya tempat mereka menempuh pendidikan.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat memantau salah satu hotel yang menjadi tempat karantina

Jumlah pendaftar hingga Senin (30/3/2020) mencapai lebih dari seratus orang. Semua hal terkait aktivitas karantina tersebut menjadi tanggung jawab penuh Pemkab Kukar.

“Karena hotel pertama sudah penuh, kami menambah lagi dua lokasi hotel yang berbeda. Kami harapkan masa isolasi selama 14 hari ini menunjukkan hasil yang baik. Yaitu tidak ada pelajar atau mahasiswa yang terjangkit Covid-19,” ujarnya.

Pemkab Kukar juga menambah satu lagi lokasi isolasi untuk para ODP Covid-19. Yaitu di sebuah bangunan di dekat eks bandara milik sebuah perusahaan migas di Kecamatan Muara Badak. Saat ini, Kecamatan Muara Badak menjadi kecamatan kedua terbanyak jumlah ODP.

“Untuk pengawasannya nanti melibatkan unsur kecamatan dan puskesmas setempat. Lokasi isolasi ini ditujukan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam menjalani isolasi mandiri di rumah,” tegas Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top