SEPAK BOLA

UEFA Tunda Turnamen Euro 2020 Akibat Corona

ilustrasi Euro 2020.

Kate.id – Akibat yang ditimbulkan virus corona baru (Covid-19) terhadap dunia olahraga semakin meluas. Terbaru, UEFA bakal mengumumkan penundaan turnamen sepak bola Euro 2020 pada Selasa (17/3/2020) setelah terjadinya pandemi virus corona.

Turnamen sepak bola bergengsi Eropa itu ditunda demi memberi kesempatan liga-liga domestik menyelesaikan musim kompetisi mereka. Di satu sisi, penundaan dilakukan untuk menghindarkan kerugian miliaran euro terhadap bisnis mereka.

UEFA dilaporkan mengajukan kompensasi senilai 275 juta poundsterling atau setara Rp 5 triliun kepada 55 anggotanya dari berbagai liga untuk memindahkan gelaran Euro 2020. Sejatinya gelaran Euro 2020 akan dihelat pada Juni 2020 mendatang. Namun isu kesehatan global akibat virus corona, membuat gelaran ini disebutkan akan dijadwal ulang.

Tahun 2021 menjadi opsi waktu untuk menggelar kompetisi antar negara di benua biru ini. Namun untuk mengatur ulang jadwalnya, UEFA meminta kompensasi sebesar 275 juta poundsterling kepada 55 anggotanya dari berbagai klub dan liga seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Bila dikalkulasikan, setiap anggota harus mengeluarkan 5 juta poundsterling atau setara Rp 92 miliar. Kebijakan UEFA ini diambil karena mayoritas anggotanya ingin kompetisi di kancah domestik seperti liga dan kompetisi lintas benua seperti Liga Champions dan Liga Europa tetap dilaksanakan.

Dengan penundaan kompetisi hingga April 2020 mendatang, tentu liga takkan selesai tepat waktu dan membuat Euro 2020 harus diundur atau dijadwal ulang. UEFA percaya biaya 275 juta poundsterling merupakan harga yang harus dibayar untuk mengulang jadwal.

Alhasil untuk mendapat biaya sebesar itu, UEFA akan memanfaatkan 55 anggotanya. Tentu ini baru sebatas wacana, karena belum tentu anggotanya akan menerima kompensasi yang dibebankan induk sepak bola di benua Eropa tersebut.

Sejatinya, Euro 2020 akan dimulai Juni 2020 nanti dan akan diselenggarakan di 12 negara. Babak final untuk Euro 2020 akan dihelat di Wembley, Inggris. Namun wabah virus corona atau Covid 19 yang menjangkit negara-negara yang bertindak sebagai tuan rumah membuat UEFA berpikir ulang.

Semakin menyebarnya virus corona telah membuat banyak even olahraga dunia ditangguhkan. Meliputi lima besar liga sepak bola Eropa yakni Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis. Termasuk juga Liga Champions dan Liga Europa.

Federasi sepak bola Italia pada Ahad (15/3/2020) menyatakan bakal meminta Euro 2020 ditunda karena wabah virus corona. Penundaan itu diharapkan bisa menyelesaikan musim kompetisi Serie A.

“Kami akan mengajukan permohonan kepada UEFA untuk menunda Kejuaraan Eropa,” Grabriele Gravina selaku presiden federasi sepak bola Italia Grabriele Gravina kepada SportMediaset. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top