NASIONAL

Status Darurat Nasional Corona Diperpanjang hingga Akhir Mei

Petugas medis untuk penanganan virus corona. (Foto: Istimewa)

Kate.id – Status darurat bencana nasional virus corona (Covid-19) diperpanjang hingga akhir Mei 2020. Kebijakan itu dikeluarkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Perpanjangan masa darurat itu dituangkan dalam Keputusan Kepala BNPB Nomor: 13. A Tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona atau COVID-19 yang diteken pada 29 Februari 2020.

Dalam keputusan disebutkan, penyebaran virus corona semakin meluas dan menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa, kerugian harta benda, dampak psikologis pada masyarakat, serta mengancam, dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Hingga Selasa (17/3/2020) pemerintah telah mengonfirmasi 134 orang terinfeksi corona. Virus asal Wuhan, Tiongkok ini sudah menyebabkan lima  orang meninggal, sedangkan 121 pasien yang terinfeksi masih dirawat, delapan orang lainnya sudah sembuh. 

Kemudian, Keputusan Kepala BNPB Nomor: 9. A Tahun 2020 tentang penetapan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit corona di Indonesia sudah berakhir masa berlakunya. Maka perlu menetapkan perpanjangan status keadaan darurat tertentu bencana wabah virus corona di Indonesia.

“Perpanjangan status berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020,” demikian isi surat keputusan tersebut.

BNPB menyatakan segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya surat Keputusan ini dibebankan pada dana siap pakai yang ada di BNPB. Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo membenarkan terkait adanya perpanjangan status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona tersebut. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top