METROPOLIS

Persilakan Warganya ke Luar Negeri, Gubernur Kalbar: Tapi Jangan Pulang

Gubernur Kalbar Sutarmidji. (Laman Pemprov Kalbar)

Kate.id – Di tengah krisis virus corona baru (Covid-19), Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji tidak melarang warganya pergi keluar negeri. Namun begitu, dia melarang warganya pulang kembali ke Kalbar setelah dari ke luar negeri.

Hal itu diungkapkannya saat konferensi pers, Ahad (15/3/2020). Langkah preventif diambil Sutarmidji dengan meminta aparat yang bertugas di jalur perbatasan dengan Malaysia, baik darat maupun udara, untuk menutup akses keluar masuk orang.

“Kecuali warga di perbatasan, tak boleh keluar PLBN. Kalau ada selain warga perbatasan yang mau keluar atau masuk, ditolak saja. Kalau ada yang masih mau ke luar (negeri), silakan. Tapi jangan pulang,” kata Sutarmidji.

Dia menegaskan, kasus pasien positif corona yang ditemukan di Pontianak, memiliki riwayat perjalanan ke Kuching, Sarawak Malaysia. Diketahui Di Sarawak sudah ada 20 orang yang positif.

“Jadi, silakan yang masih mau ke luar (Kuching-Sarawak), tapi jangan pulang lagi,” tegasnya.

Saat ini terdapat lima orang yang diisolasi di Kalbar. Dua di antaranya dirawat di RSUD Abdul Aziz Singkawang dan tiga lainnya di RSUD Sudarso Pontianak. Salah satu yang dirawat di Pontianak dinyatakan positif Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan.

“Itupun perkirakan kena dari luar. Semua yang diisolir ini, rata-rata dari luar. Dari Sarawak dan Kuala Lumpur,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top