POLITIK

Gantikan Sang Ayah, AHY Terpilih Aklamasi Pimpin Demokrat

AHY (dua dari kiri) bersama istri dan saudaranya.

Kate.id – Kepemimpinan di Partai Demokrat berpindah. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

AHY menggantikan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagaimana hasil Kongres V Partai Demokrat, di Jakarta, Ahad (15/3/2020).

“Atas dukungan bulat 34 DPD dan 514 DPC Demokrat se Indonesia, pimpinan sidang Bpk EE Mangindaan memutuskan secara aklamasi mas @AgusYudhoyono menjadi Ketua Umum Demokrat periode 2020-2025. Terimakasih pak SBY,” cuit politisi Partai Demokrat, Jansen Sitindaon yang mengunggah momen terpilihnya AHY melalui video di Twitter.

Dalam potongan video tersebut, terdengar pimpinan sidang menyampaikan bahwa setelah dilakukan verifikasi administrasi dan dikatakan memenuhi persyaratan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Pimpinan sidang juga menanyakannya kepada peserta kongres yang langsung dijawab setuju secara serentak, diiringi tepuk tangan.

AHY akan meneruskan tugas sang ayah, SBY yang menjabat sebagai Ketum Partai Demokrat sejak 2013. SBY sebelumnya memastikan bahwa partainya akan memiliki pemimpin baru pasca-Kongres V Demokrat. Dia meyakini Demokrat akan semakin cerah di tangan sosok pemimpin baru itu.

Suasana haru dan sedih para kader Partai Demokrat di dalam ruangan kongres, saat pak SBY secara resmi melepas jabatan ketua umum Partai Demokrat. (Istimewa)

“Setelah Kongres Partai Demokrat 2020 ini, kita akan memiliki dewan pimpinan partai yang baru. Saya punya keyakinan yang tinggi, di tangan para pemimpin baru nanti, masa depan Partai Demokrat akan makin cerah,” kata SBY saat berpidato dalam pembukaan Kongres V Demokrat.

Kata SBY, sosok yang mengemban tugas sebagai pemimpin Demokrat periode 2020-2025 adalah kader yang kapabel, memiliki visi dan kompetensi, setia kepada perjuangan partai, serta punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan Demokrat.

Namun, SBY berkata, bahwa pemimpin-pemimpin lama di Demokrat tidak akan pergi dan tetap berjuang bersama agar Demokrat semakin kuat di masa mendatang. Dia menegaskan bahwa dirinya akan tetap berada di Demokrat. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top