INTERNASIONAL

Amerika Serikat Tetapkan Status Darurat Nasional Covid-19

Donald Trump.

Kate.id – Status darurat nasional virus Corona baru (Covid-19) ditetapkan untuk Amerika Serikat. Presiden Donald John Trump menyatakan, langkah ini membuka kekuatan tambahan dan pendanaan untuk tanggap bencana dan melibatkan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dalam upaya mengekang penyebaran wabah tersebut.

“Untuk melepaskan kekuatan penuh pemerintah federal, saya secara resmi mendeklarasikan keadaan darurat nasional,” kata Trump di Gedung Putih, Sabtu (14/3/2020).

Trump mengatakan bahwa deklarasi ini akan menggelontorkan pendanaan USD50 miliar untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Dia meminta setiap rumah sakit di Amerika Serikat mengaktifkan rencana persiapan darurat mereka dan memerintahkan setiap negara bagian untuk mendirikan pusat operasi darurat.

Pemerintah Trump sebelumnya dikritik karena gagal menjalankan tes Covid-19 dengan cukup cepat. Meskipun menekankan tes massal tidak perlu dilakukan, Trump menyatakan ingin memastikan bahwa mereka yang membutuhkan tes bisa mendapatkan tes dengan sangat aman, cepat, dan nyaman.

Untuk itu, Trump mengumumkan bahwa Administrasi Obat dan Makanan (FDA) telah menyetujui tes baru untuk Covid-19, dalam beberapa jam setelah menerima aplikasi dari perusahaan yang bertanggung jawab, Roche Diagnostics.

Tes Covid-19 akan diselenggarakan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan Google. Tes telah menempatkan lebih dari 1.000 insinyur untuk bekerja di situs web pengujian.

Amerika Serikat sendiri mencatat ada 2.084 kasus Covid-19 dengan jumlah 41 orang meninggal dunia. Sedangkan secara global jumlah kasus sudah mencapai 145.018 dengan 5.408 orang meninggal dan 70.920 pasien disembuhkan. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top