POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Pacu Program Prioritas yang Belum Terlaksana

Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi saat menyampaikan sambutan serta arahan kepada Forum Perangkat Daerah. (Foto: Humas DPRD Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) ingin memacu realisasi usulan program prioritas pembangunan yang belum terlaksana di tahun lalu. Hal ini terungkap dalam terselenggaranya Forum Perangkat Daerah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar pada Kamis (12/3/2020) di aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Keberadaan forum ini mendapat apresiasi unsur leglsiatif. Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi menyebut forum lintas perangkat daerah itu bisa mempercepat penyelenggaraan pembangunan.

Dalam kegiatan itu turut hadir Asisten Pemkab Kukar Sukhrawardy beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat se-Kukar. Kegiatan ini menurutnya sesuai dengan Perencanaan Pembangunan Nasional yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mencakup landasan hukum di bidang perencanaan pembangunan baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Dijelaskan, Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah terkait program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan. Dengan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD) adalah dokumen perencanaan OPD untuk periode satu tahun.

“Terima kasih karena dalam forum ini juga melibatkan para anggota DPRD dalam kegiatan ini. Sehingga proses sinkronisasi atas pokok-pokok pikiran (pokir) bisa terakomodasi dengan baik,”ujarnya.

Dia pun memberi saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses aspirasi masyarakat. Sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD.

“DPRD Kukar ingin memacu yang mana usulan yang skala prioritas yang belum terlaksana pada tahun yang lalu. Kami harap tahun ini bisa terlaksana dan terserap dengan baik,” imbuh politisi Partai Gerindra itu. (ah)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top