EKONOMI & BISNIS

Jokowi Minta Empon-Empon Dibudidayakan dengan Serius

Presiden Jokowi saat sebelum mengikuti acara Pembukaan The 2nd Asian Agriculture and Food Forum (ASAAF) Tahun 2020, Kamis (12/3/2020), di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Humas/Oji)

Kate.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap tanaman rempah-rempah atau empon-empon dapat kembali dibudidayakan dengan serius di Indonesia. Harapan ini datang di tengah kondisi merebaknya virus corona baru atau Covid-19.

Rempah-rempah yang dimaksud meliputi temulawak, jahe, serai, dan kunyit. Jokowi mengaku meminum ramuan dari empon-empon tersebut setiap hari, khususnya dalam menjaga diri dari penularan Covid-19.

“Sekarang karena ada Corona, saya minumnya pagi, siang, malam. Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang dan malam juga saya beri minuman itu. Bukan teh tapi saya ganti dengan temulawak, jahe, serai, kunyit campur jadi satu. Sudah,” ujarnya, saat membuka forum pertanian dan makanan Asia 2020 di Istana Negara, Kamis (12/3/2020).

Menurut Jokowi, rempah-rempah itu banyak ditemukan di daerah-daerah Maluku dan Maluku Utara. Sehingga penting untuk bisa dihidupkan kembali secara serius. Apalagi saat ini harganya melonjak hingga lima kali lipat lantaran Covid-19. Untuk itu dia meminta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dapat melakukan manajemen yang baik pada klaster-klaster pertanian yang ada.

”Klaster mana yang urusan buah-buah tropis, klaster mana yang urusan rempah-rempah, klaster mana yang urusan herbal empon-empon. Sehingga betul-betul pertanian kita ini benar-benar bisa menghidupi,” urai Jokowi.

Dia juga meminta lahan-lahan kosong yang tidak produktif, terutama di luar Jawa yang masih menganggur dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian ini. Malahan, pemerintah tahun ini sudah menyiapkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk pertanian mencapai Rp 50 triliun.

”Buatlah sebuah proposal bisnis yang baik, business plan yang baik, kebutuhan berapa miliar dapat berapa triliun. Tetapi benar-benar itu sebuah pekerjaan yang dimanajemeni dengan cara-cara modern dengan kalkulasi-kalkulasi yang baik,” sebut Jokowi.

Dengan demikian, nantinya pertanian dapat memberikan kepercayaan kepada perbankan. Bahwa pertanian memang bisa menghidupi dan bisa dijadikan tumpuan bagi ekonomi negara. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top