KESEHATAN

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

ilustrasi

KITA terkadang kurang memperhatikan berbagai produk yang kita gunakan dalam perawatan kulit. Termasuk juga memperhatikan bahan baku yang mungkin terkandung dalam produk tersebut, serta dampaknya terhadap kesehatan kulit.

Lantas, bagaimanakah tips memilih produk perawatan kulit yang tepat? Dilansir dari Chicago Tribune, berikut beberapa tips dalam memilih produk perawatan kulit.

Tips pertama yaitu pilihlah produk dengan bahan baku paling sedikit. Tujuannya supaya kulit tidak perlu beradaptasi dengan terlalu banyak bahan kimia.

Tips kedua, gunakanlah produk-produk berbahan dasar sederhana seperti micellar water. Dalam memilih produk tata rias, cari produk yang terasa ringan di kulit.

Tips ketiga, gunakan produk berbahan baku alamiah. Pilihlah produk organik yang mengandung bahan-bahan berbasis tumbuhan.

Menurut Dr Katie Manno dari Institut Kanker Kulit dan Dermatologi, yang perlu dihindari dalam memilih produk perawatan kulit adalah produk dengan pewangi. Produk yang mengandung pewangi dapat menyebabkan reaksi alergi bagi beberapa orang, bahkan sakit kepala.

Kemudian perhatikan kandungan bahan kimia di produk perawatan kulitmu. Hindari produk-produk dengan kandungan bahan kimia yang keras seperti paraben, phthalate, dan sulfat.

Hindari produk pelembab kulit yang bersifat oklusif atau mengunci air di dalam kulit karena justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Pilihlah pelembab kulit yang mengandung minyak mineral, lanolin, dan petrolatum yang lebih ringan di kulit.

Tips berikutnya, jangan gunakan terlalu banyak produk di kulit anda. Dalam perawatan kulit memang penting untuk mencocokkan beberapa produk untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun perhatikan lagi produk-produk yang kamu gunakan terutama komposisinya.

Beberapa produk justru kehilangan fungsinya jika dicampurkan dengan bahan lain. Dalam beberapa kasus, pencampuran produk yang kurang efektif justru dapat menyebabkan kulit berjerawat. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top