METROPOLIS

Hadapi Covid-19, APT Pranoto Samarinda Siapkan Penyanitasi Tangan di Area Bandara

Bandara APT Pranoto menyiapkan hand sanitizer di 13 titik di area bandara. (Dok. APT Pranoto)

SAMARINDA, Kate.id – Seluruh bandara di Indonesia sudah dipersiapkan sesuai standar operasional dalam menangani dan mencegah wabah virus corona (Covid-19). Tak terkecuali di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Demi menjaga kebersihan, kesehatan dan pencegahan dari virus Covid-19, Bandara APT Pranoto Samarinda menempatkan 13 titik hand sanitizer atau penyanitasi tangan sebagai antiseptik atau desinfektan guna membunuh virus dan bakteri. Ke-13 titik tersebut tersebar pada area keberangkatan, ruang tunggu penumpang dan pada area kedatangan.

Dodi Dharma Cahyadi selaku Kepala Unit Penyelenggara Bandara APT Pranoto Samarinda menyatakan, langkah tersebut sebagai kebijakan otoritasnya dalam mendukung pemerintah dalam hal pencegahan wabah Covid-19. “Bandara sebagai tempat yang disinggahi oleh banyak orang setiap hari, memungkinkan tidak hanya ada satu jenis virus atau bakteri saja,” ucapnya, Selasa (10/3/2020).

Adapun di area kedatangan, cairan pembersih tangan ini ditempatkan pada pengambilan bagasi. Sedangkan di terminal keberangkatan, penempatan penyanitasi tangan ini meliputi area check-in, area boarding room dan area komersil.

Dodi menambahkan, penyediaan cairan pembersih tangan tak hanya untuk mengantisipasi persebaran virus corona, melainkan sekaligus agar para penumpang bisa tetap menjaga kebersihan.

“Setelah berinteraksi dengan banyak orang di bandara, kita dapat mencegah penularan virus atau bakteri ke bagian tubuh atau orang lain,” jelasnya.

Pengguna jasa bandara APT Pranoto memanfaatkan hand sanitizer di area bandara. (Dok. APT Pranoto)

Diketahui, wabah Covid-19 yang menggemparkan kini semakin menyebar. Berbagai negara pun telah meningkatkan kewaspadaan kepada para warganya. Indonesia juga menjadi negara yang meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Kewaspadaan difokuskan pada titik-titik akses masuk pelabuhan laut dan bandara, tak terkecuali Bandara APT Pranoto Samarinda.

Bandara APT Pranoto Samarinda disebut terus berupaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus tersebut. Rapat koordinasi telah dilakukan oleh stakeholder terkait, sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan pemeriksaan Covid-19 di Bandara APT Pranoto.

Bersama Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Kantor Imigrasi Samarinda, Pihak RSUD AW Syahrani, TNI, Polri dan perwakilan BIN serta komunitas Bandara APT Pranoto seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan perwakilan maskapai serta Groundhandling.

Dwi Muji Raharjo selaku Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat mengatakan, hasil rapat koordinasi tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan bersama. Di antaranya, seluruh stakeholder terkait sepakat dan terus bekerja sama serta saling berkoordinasi terkait penanganan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Terkhusus di Bandara APT Pranoto Samarinda dimana menjadi pintu gerbang untuk memasuki wilayah samarinda dan sekitarnya,” ucap Dwi. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top