METROPOLIS

Kepala Otoritas IKN Bukan dari Kaltim, Begini Respon Wagub

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi

SAMARINDA, Kate.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah menyebut beberapa nama calon yang akan dipilih menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Namun dari nama-nama itu, tak ada satupun tokoh atau pejabat dari Kalimantan Timur (Kaltim).

Ditanya soal ini, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi tak mempermasalahkan. Menurut dia, penunjukan tersebut merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Itu kan hak prerogatif Presiden. Kita itu terima saja,” kata Hadi, saat ditemui di Kantor Gubernur, Jumat (6/3/2020).

Diketahui, Jokowi menyebutkan 4 nama kandidat calon Kepala Otoritas IKN. Keempat nama itu adalah Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro, Ahok, CEO PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyono, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Hadi menyatakan, secara prinsip dapat memahami dan menerima nama- nama kandidat tersebut. Hanya saja dia mengharapkan walaupun pimpinan Badan Otoritaa IKN bukan dari Kaltim, namun mereka harus tetap memperjuangkan aspirasi rakyat Kaltim.

Keinginan itu menjadi alasan. Hadi tak ingin, dengan adanya IKN provinsi Kaltim malah jadi tertinggal. Dia ingin, wilayah IKN nanti akan terintegrasi kemajuan pembangunannya dengan provinsi Kaltim.

“Cuma kita ingin walaupun kepala badan otoritanya bukan dari Kaltim dia harus tetap memperhatikan proyek-proyek yang terintegrasi dengan Kalimantan Timur, terus infrastruktur yang mereka bangun itu harus terintegrasi. Supaya nanti sama-sama berkembang dengan Kaltim,” bebernya.

Ditanya siapa di antara nama -nama tersebut yang cocok, Hadi menjawab diplomatis. Dia menilai, keempat nama yang disebutkan itu merupakan orang yang kompeten dan berprestasi. Itu dilihat dari rekam jejak pengalaman di bidangnya masing- masing.

“Abdullah Azwar Anas termasuk berprestasi di Banyuwangi, pak Bambang Brodjonegoro berprestasi di Bappenas, Tumiyana ini kan berprestasi di Swasta, kalau pak Ahok berprestasi juga. Jadi semua berprestasi,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top