NASIONAL

Kemenkes Temukan Dua Pasien Baru Positif Virus Corona

Ilustrasi. (Foto: foolcdn.com)

Kate.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat pasien baru yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Terdapat dua pasien baru masing-masing berusia 33 dan 34 tahun yang mengalami kontak dekat dengan pasien kasus 1.

“Pasien 3 dan 4 ada kontak dekat dengan pasien nomor 1 dan nomor 2,” kata Achmad Yurianto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes sekaligus juru bicara penanganan COVID-19 di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (6/3/2020).

“Hasil ini kami baru terima tadi siang, yang pasti dua orang ini tidak serumah,” sambungnya.

Dengan kasus terbaru ini, kini tercatat sudah ada 4 warga Indonesia yang positif mengidap Covid-19. Keempatnya dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Pasien kasus 3 dan kasus 4 sudah berada di RS sejak Kamis (5/3/2020).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jumat (6/3). (Foto: Humas/Jay).

Dijelaskan, selain orang orang tersebut, RSPI Sulianti Saroso juga merawat 5 orang suspect COVID-19 yang berasal dari “contact tracing” dengan kasus 1 dan 2. Sedangkan RS Persahabatan merawat 1 orang suspect yang merupakan anak buah kapal Diamond Princess.

Istilah suspect adalah orang-orang yangpunya riwayat kontak dekat dengan mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Termasuk mereka yang mengalami gejala influenza seperti batuk, pilek, panas dan sesak nafas.

“Kondisi kasus No 3 dan 4 suhu tubuhnya 37,6 derajat dan 37,7 derajat, ada keluhan batuk keluhan pilek tapi tidak ada keluhan sesak nafas dan kita harap kondisi intervensi agar bisa baik, sedangkan jenis kelaminnya tidak usah disebut,” beber Yurianto.

Kata dia, Kemenkes masih akan terus melakukan penelusuran kontak ke orang-orang yang juga mengalami kontak dekat dengan kasus 3 dan 4. Prosedur penyelidikan orang-orang terkait kasus 3 dan 4 akan dilaksanakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Kemenkes dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dibantu dengan Polri dan BIN memang sudah menelusuri 80 orang yang berada di restoran pada 14 Februari 2019, lokasi kasus 1 bertemu dengan warga negara Jepang yang diketahui positif COVID-19. Dari 80 orang itu berhasil dikerucutkan menjadi 20 orang yang mengalami kontak langsung dengan kasus 1 barulah dari 20 orang itu kembali dikerucutkan menjadi 7 orang. Dari 7 orang itu 2 orang dinyatakan positif sebagai kasus 3 dan kasus 4.

“Sedangkan 5 orang lain masih berstatus suspect karena kami masih menunggu kondisi fisiknya bagus. Masih ada yang batuk pilek, kalau kami mempelajari beberapa kasus yang pasti terjadi di beberapa negara seperti di Vietnam itu bisa sampai pemeriksaan 7 kali negatif, yang kedelapan baru positif diikuti preventif. Jadi kami harus hati-hati benar. Kita tidak mau gegabah untuk langsung kita pulangkan karena nanti akan bisa menjadi subklaster baru seandainya positif,” tandas Yurianto. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top