POLITIK

Intensitas Kunjungan ke DPRD Kutai Kartanegara Tinggi, Sharing Pariwisata hingga UMKM

Anggota Komisi III DPRD Kukar Sugeng Hariadi saat menerima plakat dari perwakilan rombongan DPRD Banjarnegara. (Foto: DPRD Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.Id – Intensitas kunjungan ke DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) terbilang tinggi. Sejumlah hal yang dibahas, di antaranya terkait sektor pariwisata, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga penyusunan Laporan Kegiatan Pertangungjawaban (LKPj).

Hal ini turut disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kukar Sugeng Hariadi. Dia mengatakan, pihak DPRD Kukar tiap bulan nyaris tidak pernah tidak menerima kunjungan dari sejumlah instansi dari luar daerah. Yang paling sering adalah dari unsur legislatif.

Seperti kunjungan dari DPRD Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (3/3/202) kemarin. Rombongan diterima anggota Komisi III dan Badan Anggaran (Banggar).

Kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lain seperti Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pariwisata, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) hingga Dinas Koperasi dan UMKM.

“Kali ini sharing terkait sektor pariwisata, UMKM serta sektor PAD. Jadi baik dari DPRD Kukar dan OPD terkait ikut menjelaskan proses yang sudah dilakukan. Termasuk keberhasilan peningkatan PAD,” imbuhnya.

Rombongan DPRD Banjarnegara dipimpin Wakil Ketua DPRD Edy Purwanto bersama Ketua Komisi II Mohammad Rachmanuddin. “Selain itu mereka juga ingin mendapatkan masukan terkait penyusunan LPJ,” tambahnya.

Dikatakan Sugeng, dari tingginya volume kunker legislator dari berbagai daerah di Indonesia ke DPRD Kukar, dia berharap Pemkab Kukar bisa jeli melihat peluang tersebut. Termasuk menjadi ajang promosi daerah. Baik dari sektor kuliner, kerajinan, dan kesenian.

“Misalnya menyelenggarakan gelar produk UMKM berupa jajanan dan kerajinan khas Kukar. Dengan hasil produksi dari pelaku UMKM yang ditaruh di sekitar DPRD Kukar,” lanjutnya.

Sehingga kata dia, menggelar produk UMKM tersebut bisa dilakukan setiap ada kunjungan kerja dari daerah lain. Dengan tujuan untuk mempromosikan serta membantu pelaku usaha UMKM, dalam memasarkan produknya untuk daerah lain.

“Secara tidak langsung, mereka akan mempromosikan hasil-hasil UMKM di Kukar nantinya,” tutup Sugeng. (ahy)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top