INTERNASIONAL

Antisipasi Virus Corona, Ka’bah Ditutup untuk Umum

Suasana kosong dari para jemaah di area sekitar Ka'bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (5/3/2020). (AFP/ABDEL GHANI )

Kate.id – Setelah melarang kedatangan jemaah umrah dari luar negeri, Otoritas Arab Saudi kini menutup sementara kompleks Masjidilharam, termasuk situs Ka’bah. Bangunan suci umat Islam itu ditutup lantaran disterilkan dari kemungkinan adanya virus corona atau Covid-19.

Dikutip dari Gulf News, penutupan yang menjadi momen bersejarah ini dimulai setelah setelah salat Isya, Kamis (5/3/2020). Masjid al-Haram akan dibuka lagi satu jam sebelum salat Jumat (6/3/2020). Sedangkan penutupan halaman Ka’bah belum ditentukan sampai kapan.

Selain halaman di sekitar Kakbah, situs Mas’a yaitu jalur antara bukit Safa dan bukit Marwah juga ditutup selama periode larangan umrah untuk sementara. Pelaksanaan ibadah hanya diperkenankan di dalam Masjid al-Haram saja.

Pun demikian dengan sumur air Zamzam yang ikut ditutup. Jemaah umrah tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman di sekitar situs suci Makkah. Mereka juga tidak akan diizinkan tinggal di masjid untuk Iktikaf.

Tak hanya itu, langkah-langkah pencegahan masuknya Covid-19 juga mencakup penutupan Masjid Nabawi di Madinah, situs pemakaman Al Baqi—yang tertua dan salah satu dari dua kuburan Islam paling penting yang terletak di Madinah. Di Al-Baqi itulah keluarga Nabi Muhammad dan banyak sahabat Nabi dimakamkan.

Pada hari Rabu, otoritas Arab Saudi untuk sementara melarang umrah ke kota-kota suci Makkah dan Madinah bagi warga negara Saudi dan penduduk asing. Hal ini dikarenakan kekhawatiran terhadap Covid-19. Kerajaan menegaskan kebijakan ini hanya sementara dan akan ditinjau sesuai dengan kondisi.

Video momen penutupan Ka’bah ini dibagikan oleh cendekiawan muslim, Yasir Qadhi dalam akun Twitternya @YasirQadhi.

“Subhan Allah, Ka’bah kosong, tawaf telah berhenti ketika pihak berwenang membersihkan (Masjid al-) Ḥaram karena ketakutan akan Coronavirus. Semoga Tuhan melindungi kita semua!,” tulis Qadhi.

Banyak orang merespon dengen keterkejutan, lantaran ini adalah pertama kalinya mereka melihat wilayah sekitar Ka’bah yang merupakan kiblat salat umat Islam di seluruh dunia dalam keadaan kosong. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top