ADVERTORIAL

Legislator Usulkan Pemprov Bentuk Tim Marketing untuk Promosikan Potensi Kaltim

Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim, Bagus Susetyo

SAMARINDA, Kate.id – Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki banyak keunggulan, seperti dari sektor investasi. Sayangnya, pelbagai pontensi tersebur masih belum maksimal tergarap. Padahal, jika dapat dikemas dengan baik maka akan berkontribusi pada peningkatan eknomi di daerah.

Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim, Bagus Susetyo mengusulkan agar pemerintah membentuk tim marketing. Tim tersebut nantinya bertugas mempromosikan daerah untuk menarik banyak investor.

“Nantinya tim ini tidak hanya terdiri dari instansi yang terkait saja tetapi perlu melibatkan kalangan akademisi dan kalau perlu kalangan pengusaha lokal. Ini sebagai solusi atas melambatnya laju pertumbuhan perekonomian daerah,” katanya.

Bagus menyatakan, seiring berjalan pemerintah menyelesaikan sejumlah proyek yang belum terselesaikan. Pasalnya, Pemprov dan DPRD Kaltim sepakat untuk tidak lagi menganggarkan proyek baik memulai maupun penyelesaian proyek tahun jamak.

Ia mencontohkan, seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy yang hingga saat ini masih banyak kendala. Seperti penyelesaian SPAM, listrik, hingga akses infrastruktur jalan.

Mengantisipasi kurangnya biaya karena tidak lagi dianggarkan oleh pemerintah, ke depan pengusaha yang berminat menanamkan sahamnya juga berkewajiban untuk membangun dan memperbaiki sarana dan prasarana sekitar kawasan investasinya. 

Sebagai kompensasinya, pemerintah berkewajiban memberikan kemudahan termasuk perizinan. Tidak hanya itu, pajak juga hanya akan dikenakan dengan hitungan waktu tertentu sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

“Tim marketing daerah ini bisa mengadakan expo yang isinya mempromosikan semua potensi daerah yang bernilai ekonomi termasuk menjelaskan berbagai kemudahan yang diberikan kepada investasi yang berminat,” pungkasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top