NASIONAL

Jumlah Penderita Virus Corona Sedikit, Belum Perlu Isolasi Daerah

Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020. (Foto: EPA-EFE/STR)

Kate.id – Isolasi dianggap belum perlu dilakukan pada daerah-daerah di Indonesia yang warganya terdeteksi virus corona atau Covid-19. Ini lantaran jumlah penderita virus tersebut tidak banyak.

“Belum perlu kalau dua orang atau beberapa orang (terkena). Tentu kalau kita efektivitasnya seperti di Tiongkok, Italia, Iran, dan Korea yang sudah menyebar besar memang perlu suatu karantina besar-besaran,” kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Rabu (4/3/2020) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Guna mencegah penyebarluasan Covid-19, pria yang karib disapa JK itu mengimbau masyarakat lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Masyarakat juga harus menerapkan disiplin yang tinggi dalam menjaga kebersihan di sekitarnya.

“Kita harus hati-hati karena tingkat disiplin kita kan tidak sekeras di RRT. Mengurangi pertemuan-pertemuan yang besar-besaran, hati-hati dan jaga kebersihan,” pesannya.

Menyusul perawatan intensif terhadap dua warga Depok, Jawa Barat (Jabar) yang terdeteksi positif terpapar Covid-19, pemerintah menyiapkan sedikitnya 100 rumah sakit untuk isolasi masyarakat yang terduga terkena Covid-19.

Di RS Sulianti Saroso Sunter, Jakarta Utara, terdapat enam pasien terduga terdeteksi Covid-19 yang menjalani perawatan khusus. Empat pasien masuk ruang isolasi sejak Senin malam (2/3/2020) dan dua lainnya sejak Selasa. (*)

Comments

POPULER

To Top