BALAPAN

Virus Corona Batalkan Seri Pembuka MotoGP 2020

Penyelenggaraan MotoGP di Qatar dibatalkan lantaran virus corona. (Foto: MotoGP.com)

Kate.id – Merebaknya wabah virus corona berimbas pada penyelenggaraan MotoGP 2020. Dorna dan FIM selaku penyelenggara MotoGP akhirnya resmi membatalkan seri pembuka MotoGP Qatar 2020. Meski demikian, pembatalan ini hanya dilakukan pada kelas MotoGP. Sementara Moto2 dan Moto3 tetap berjalan sesuai rencana.

Sesuai jadwal, semestinya MotoGP Qatar digelar Ahad (8/2/2020) akhir pekan ini. Tetapi penyebaran merebaknya wabah virus corona membuat balapan motor terpopuler di dunia ini meesti dibatalkan.

Padahal sebelumnya MotoGP telah mengatur peserta dan tim yang berasal dari Italia dan Jepang akan diberikan pengecualian untuk diperbolehkan memasuki Qatar. Syarat ketat bakal diberlakukan Qatar untuk pengecualian ini.

Tetapi, Qatar baru saja mengumumkan kasus pertama virus corona di negara mereka. Pemerintah setempat lantas memberlakukan karantina selama dua pekan bagi penumpang yang belakangan baru mengungjungi Italia.

“Karena pembatasan perjalanan Qatar diberlakukan yang mempengaruhi penumpang dari Italia (di antara negara-negara lain), kelas utama tidak akan berlomba di Losail. FIM, IRTA dan Dorna menyesal mengumumkan pembatalan semua sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan,” bunyi pernyataan resmi FIM, dikutip dari laman Crash.

Sedangkan untuk balapan Moto2 dan Moto3 akan tetap berlanjut sesuai jadwal. Sebab semua pembalap dan tim sudah berada di Qatar. Mereka menyelesaikan tes pra-musim terakhir mereka di sirkuit Losail sejak akhir pekan lalu.

Bukan hanya seri Qatar, MotoGP Thailand yang juga bakal tetap digelar sesuai rencana kini mulai terancam ikut dibatalkan. Rencananya, MotoGP Thailand diselenggarakan pada 20-22 Maret 2020.

Ketidakjelasan turut terjadi untuk balapan MotoGP Amerika Serikat dan Argentina, April mendatang. Senada dengan Qatar, banyak yang akan tergantung pada pembatasan masuk yang diberlakukan oleh pemerintah Thailand, Amerika Serikat dan Argentina.

Thailand berkeinginan agar Buriram terus maju untuk membantu industri pariwisatanya yang terpukul meskipun dengan ‘penyaringan ketat’ para penonton dan tim, Namun mungkin Amerika Serikat yang telah mencatat 69 kasus virus korona mengambil pandangan suram dari para penumpang yang baru-baru ini berada di Italia. Di Italia sendiri, telah tercatat 1,128 kasus virus corona, sedangkan Thailand sebanyak 42 kasus.

Dengan demikian, tidak akan mengejutkan jika balapan MotoGP pertama tidak sampai awal musim Eropa di Jerez, yang akan diadakan pada awal Mei. Kecuali jika acara dipindahkan ke depan untuk mengisi kekosongan dalam kalender yang direvisi. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top