INTERNASIONAL

Virus Corona Merebak, Arab Saudi Larang Kedatangan Jemaah Umrah

Ilustrasi.

Kate.id – Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan larangan masuk pada jemaah umrah dari luar negaranya. Larangan sementara ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan publik dengan mencegah penyebaran virus corona.

Sebagian besar jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk dari Indonesia sementara ini ditangguhkan. Jemaah juga dilarang mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah sebelum atau setelah menyelesaikan tugas keagamaan mereka di Makkah.

Dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (27/02/2020), kebijakan pembatasan kunjungan yang diumumkan pagi ini diambil karena Kementerian Kesehatan Saudi sedang memantau dengan cermat penyebaran virus. Pemegang visa turis dari negara-negara yang dinilai memiliki risiko penyebaran virus cukup tinggi juga akan ditolak masuk.

Selain itu, warga negara Saudi dan warga negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC) juga tidak akan dapat menggunakan kartu identitas nasional untuk melakukan perjalanan ke dan dari Kerajaan untuk sementara waktu.

Pengecualian untuk hal ini akan diberikan kepada orang Saudi yang kembali ke rumah, warga negara-negara GCC yang berada di Kerajaan dan mereka yang ingin kembali ke negara asal mereka, asalkan mereka meninggalkan atau memasuki Kerajaan menggunakan kartu identitas nasional.

Adapun negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu diantaranya China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top