ADVERTORIAL

Kala Empat Anggota DPRD Kaltim Ini Turun ke Dapil, Ikuti Musrenbang untuk Kawal Aspirasi Rakyat

Empat Anggota DPRD Kaltim dapil Kutai Kartanegara ini kompak mengikuti Musrenbang Kecamatan Anggana.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Selain menyerap aspirasi masyarakat dalam kegiatan reses, ada cara lain yang dimaksimalkan para Anggota DPRD Kaltim. Misalnya dengan menghadiri langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di daerah pemilihannya. 

Seperti yang dilakukan oleh empat Anggota DPRD Kaltim dapil Kutai Kartanegara ini. Adalah Baharuddin Demmu, Akhmed Reza Fachlevi, Ali Hamdi dan Puji Hartadi. Mereka kompak mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Anggana, Selasa (25/2/2020).

Anggota DPRD Kaltim dapil Kutai Kartanegara, Baharuddin Demmu mengatakan, turun langsung dalam kegiatan Musrenbang sebagai bagian mendengarkan dan mengawal pelbagai aspirasi usulan rakyat ditingkat desa. “Agar masuk dalam Musrenbang tingkat kecamatan. Selain itu supaya kami tau, apa prioritas konstituen masyarakat di Anggana,” jelas Politikus PAN ini.

Bagi Bahar, program yang dipaparkan dalam Musrenbang sangat penting. Sebagai bahan pertimbangan menyuarakan aspirasi kepada peemrintah. Khususnya program-program apa saja yang dapat diusulkan lewat APBD provinsi. 

“Karena akan menjadi dasar bagi kami mengetahui program- program prioritas kecamatan Anggana, yang nantinya dapat diperjuangkan melalui APBD Provinsi,” jelasnya. 

Disebutkannya, ada banyak hal yang menjadi prioritas pada Musrembang di Kecamatan Anggana tersebut. Mulai dari infrastrukur jalan provinsi hingga pengadaan sarana untuk nelayan.

“Kita tetap komitmen ditahun 2021 tetap mengawal semua yang menjadi tanggung jawab Provinsi. Untuk jalan dari kutai lama hingga handil terusan, masih sisa sekitar 300 meter yang belum tersambung. Jalan dari kecamatan Anggana ke Kecamatan Muara Badak,” paparnya.

Salah satu yang menjadi kebutuhan mendesak bagi warga di Kecamatan Anggana yakni belum adanya pasar. Hanya saja, kata dia, kebutuhan tersebut bisa diperjuangkan lewat APBD provinsi, jika APBD kabupaten tak mencukupi. NNamunlebih dulu melalui proses administrasi usulan pemkab ke  pemprov. “Kita dari dapil kukar ada 11 orang dan kita siap untuk mengawal,” bebernya.

Soal pokok pikiran, Bahar menyatakan untuk tahun dirinya telah memasukkan puluhan bantuan di kecamatan Anggana. Diantaranya bagi kelompok nelayan yang membutuhkan sarana, seperti alat tangkap dan kapal nelayan. 

“Insya Allah kita akan dorong ke Pokir dan kami minta agar semua persyaratanya dilengkapu dan paling lambat bulan maret sudah masuk,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kaltim dapil Kutai Kartanegara yang hadir lainnya, Akhmed Reza Fhachlevi menambahkan, pihaknya akan terus mengawal program-program yang masuk dalam pembahasan Musrembang Anggana.  Bagaimana setiap usulan oleh masyarakat bisa tepat sasaran.

Apalagi, kata dia, kabupaten ini bakal menjadi bagian dari Ibu Kota Negara. Sehingga diperlukan penyediaan dan perbaikan pelbagai fasilitas di Kecamatan Anggana. 

“Oleh karena itu kami semaksimal mungkin memperjuangkan usulan dari masyarakat sehingga masyarakat bisa mandiri, dan berdaya saing tinggi apalagi kita akan menghadapi IKN tentu masyarakat kita harus mampu dalam semua lini,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top