SASTRA

Perpaduan Puisi dan Lukisan dalam ‘Bali: The Journey in Heaven on Earth’

Sampul 'Bali: The Journey in Heaven on Earth'. (Foto: Gerai Kompas)

Kate.id – Buku terbaru karya penulis dan seniman Indah P bertajuk ‘Bali: The Journey in Heaven on Earth’ yang memadukan puisi dan lukisan tentang Pulau Dewata telah diluncurkan di Jakarta, Sabtu (8/2/2020). Buku ini merupakan ungkapan kecintaan sang penulis atas Pulau Bali.

Dia terdorong menulis dan melukis keindahan Bali lewat rangkaian kata dan percikan warna di atas kanvas. Perasaan mendalamnya akan kesakralan, keasrian alam, keagungan seni budaya dan keluhuran hati masyarakat pulau Bali pun menggerakan hati Indah untuk membuat buku puisi ini.

“Buku ini tercipta dari rasa cinta saya dengan Bali. Segala tentang Bali selalu menginspirasi saya untuk berkarya. Saya harap lewat buku ini, pembaca punya perasaan yang sama dengan saya terhadap Pulau Bali,” kata Indah, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Sebelum meluncurkan bukunya, Indah sebelumnya telah mengadakan pameran lukisan tunggal di Rumah Jawa Gallery pada tahun 2013 dan 2014. Dengan tema ‘The Journey of the Fantasy’ dan ‘The Dreamer’s Felicity’, setiap lukisan yang dipamerkan diiringi dengan puisi karyanya.

Dia memilih melukiskan Bali dengan warna-warna cerah karena mengingatkannya akan matahari, pantai, laut, dan suasana di Pulau Seribu Pura itu. “Menurut saya, Pulau Bali cocok dengan warna cerah, yang dapat menggambarkan Bali yang dikelilingi sinar matahari dan lautan,” tutur Indah.

Sementara itu, ‘Bali: The Journey in Heaven on Earth’ memuat 71 puisi yang disertai dengan lukisan-lukisan cat air karya Indah. Puisi-puisi dalam buku ini membawa pembaca untuk menyelami keelokan alam di pulau Bali yang unik serta kemasyhuran seni budaya yang meliputi tarian dan musiknya.

Perasaan yang diliputi kebahagiaan, harapan dan keharuan akan pulau Bali tertuang dalam puisi-puisi di dalam buku ini, yang mana akan menyentuh hati para pembacanya. Buku setebal 119 halaman ini sudah dapat dibeli secara langsung di toko buku maupun secara daring seharga Rp 88 ribu. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top