METROPOLIS

Harga Bawang Mulai Naik, Pemkot Samarinda Turun ke Pasar

Wakil Wali Kota Samarinda Barkati saat melakukan operasi pasar, Kamis (6/2/2020). (Foto: Humas Pemkot Samarinda)

SAMARINDA, Kate.id – Bergejolaknya harga bawang putih dan merah membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda langsung bergerak cepat. Melalui Dinas Perdagangan Samarinda, pemkot melakukan Operasi Pasar di Pasar Merdeka yang ada di Jl Merdeka, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kamis (6/2/2020).

Dilansir dari siaran pers Pemkot Samarinda, harga yang mulai merangkak naik ini diperkirakan telah dimulai sejak awal tahun pergerakannya. Operasi Pasar di Pasar Merdeka yang dilakukan Pemerintah hari ini sendiri menyediakan bawang sebanyak 200 kg bawang merah dan 100 kg bawang putih. Kedua komoditas tersebut ditargetkan kepada pembeli dan para pedagang yang mau menjual dengan harga yang rasional maksimal Rp. 35.000 untuk bawang merah dan Rp. 50.000 untuk bawang putih.

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda M Barkati menjelaskan, tujuan Pemkot Samarinda datang ke Pasar Merdeka tersebut bukan untuk mengganggu harga yang ada di pasaran. Namun lebih tepatnya menjaga stabilitas harga yang mulai merangkak naik ini.

“Kami hadir kesini bukan untuk merusak harga yang sudah ada. Kami ingin agar warga Samarinda tidak resah dengan kenaikan harga 2 komoditi tersebut, kami hanya ingin agar kita semua bisa merasakan dan bisa membeli dengan harga yang pantas. Walaupun naik, tapi naik dengan harga yang wajar,” ucap Barkati.

Pemerintah turun ke pasar untuk menstabilkan harga ini karena tidak bisa memaksa pedagang untuk menurunkan secara langsung. Jadi menurutnya dengan membuka lapak langsung di pasar sebagaimana yang dijalankan dalam operasi pasar nantinya diharapkan harga akan kembali normal.

“Hal ini merupakan strategi kita dalam menjaga stabilitas harga kebutukan pokok, tapi kalo kada (tidak, red) mau turun juga harganya, terpaksa kami terus-terusan menjual disini sampai harga itu stabil. Kami banyak stok,” tegas orang nomor dua di Kota Samarinda ini. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top