METROPOLIS

Ibu Kota Negara di Kaltim Dapat Dukungan DPD RI

Kunjungan anggota Komite I DPD RI di Kaltim. (Foto: Andik Riyanto/Humas Pemprov Kaltim)

Kate.id – Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Dukungan ini kembali ditegaskan dalam kunjungan Komite I DPD RI ke Kaltim, Selasa (4/2/2020).

Rombongan berjumlah 13 orang dipimpin Ketua Komite I Dr Abdul Kholik diterima Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Abu Helmi mewakili Gubernur Kaltim di ruang pertemuan VIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapapn.

Abdul Kholik mengungkapkan, maksud kunjungan dalam rangka membahas persiapan pemindahan ibu kota negara (IKN) yang telah ditetapkan di Kaltim. Sekaligus melakukan pengawasan atas pelaksanaan program reformasi birokrasi, serta penyederhanaan birokrasi dan inventarisasi materi perubahan UU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Terima kasih Pemprov Kaltim telah menerima dan memberikan informasi yang sangat penting kepada kami guna memastikan seluruh proses pembentukan, pembangunan dan pemindahan IKN itu berjalan dengan baik. DPD sebagai perwakilan daerah harus membawa aspirasi dari daerah,” jelasnya dikutip dari laman resmi Pemprov Kaltim.

Kata Kholik, kesiapan Kaltim dalam segala hal terkait pemindahan ibu kota ini sudah sangat baik. Sehingga masyarakat harus memberikan dukungan penuh.

“Karena IKN bukan milik Kaltim saja, tetapi milik seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Komite I DPD RI sendiri membidangi pemerintah daerah, hubungan pusat dan daerah serta antar daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah. Juga membidangi permukiman dan kependudukan, pertanahan dan tata ruang, politik, hukum, HAM dan ketertiban umum, serta permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

Menerima kunjungan itu, Abu Helmi selaku Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Kaltim mengatakan secara jelas Komite I memberikan dukungan terhadap regulasi, maupun sarana dan prasarana. Dalam tujuan menunjang fasilitas terbentuknya serta realisasi percepatan Kaltim menjadi ibu kota baru negara Indonesia. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top