SASTRA

Penulis Laskar Pelangi Luncurkan Novel Baru Bertema Sains

Andrea Hirata dalam peluncuran novel 'Guru Aini'. (Foto: ANTARA/Yogi Rachman)

Kate.id – Penulis kenamaan Andrea Hirata meluncurkan novel terbaru yang mengangkat tema sains. Diberi judul ‘Guru Aini’. Novel ini merupakan prekuel dari novel Andrea sebelumnya, ‘Orang-Orang Biasa’ yang terbit di 2019 silam.

Andrea mengatakan proses riset novel ‘Guru Aini’ tidak mudah. Bahkan dia harus menempuh hampir dua tahun mencari referensi terkait pelajaran matematika yang menjadi ide dasar novel ini.

“Ini spesifik kalkulus dan kalkulus itu tema yang bagaimana membunyikannya dalam bahasa novel ini rumit, namun alhamdulillah kemudian saya menemukan caranya,” kata Andrea Hirata saat ditemui dalam jumpa pers peluncuran novel ‘Guru Aini’ di Jakarta, Ahad (2/2/2020).

“Jadi ini setelah menulis 11 novel, ini memang tantangan paling sulit, novel yang paling sulit. Di sisi lain saya sadar buku ini akan dibaca oleh guru matematika. Saya kan pernah belajar matematika. Saya tidak pernah mengajar matematika,” kisahnya.

“Saya minta maaf sebelumnya pada guru-guru matematika apabila ada sesuatu yang sebenernya enggak akurat. Bayangkan, bagaimana anda berbicara tentang novel tapi dalam terminologi akurasi, kan enggak bisa. Tapi ada tuntutan itu dalam menulis ‘Guru Aini’ karena beberapa hal sangat teknis,” tambah Andrea.

Dia mengatakan setiap membuat karya novel tidak pernah menyelesaikannya dengan setengah hati. Termasuk ketika menyelesaikan novel ‘Guru Aini’ yang penuh tantangan.

“Saya bisa saja menulis Aini kesulitan belajar matematika, saya enggak mau begitu, kesulitannya apa, bagian mananya dia sulit. Jadi saya ingin mencapai tingkat itu, semuanya reasonable. Kalau dia sulit kenapa dia sulit, kalo dia gampang kenapa dia gampang, masalahnya apa, kasusnya apa, penyelesaiannya apa,” jelasnya.

“Guru Aini” merupakan sebuah novel yang menggambarkan idealisme seorang guru bernama Bu Desi, yang mengajar matematika di pelosok. Obsesinya adalah menemukan seorang jenius di bidang matematika.

Rupanya tidak mudah mengajar matematika di pelosok. Apalagi pelajaran itu juga menjadi momok bagi banyak pelajar. Hingga akhirnya dia bertemu dengan Aini, seorang anak dengan daya tangkap rendah tapi punya semangat juang tinggi.

Bu Desi harus mencoba berbagai cara dan metode ajar demi memberikan pemahaman matematika kepada Aini.

“Di situ tantangannya, saya ingin secara real. Namun di sisi lain, saya pengin dia indah sebagai novel. Misalnya di dalamnya ada conversation,” kata Andrea Hirata. Novel ‘Guru Aini’ sendiri sudah bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat mulai 2 Februari 2020. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top