NASIONAL

Cucu Pendiri NU, Gus Sholah Tutup Usia

Gus Sholah tutup usia. (Dok. Istimewa)

JAKARTA, Kate.id – Tokoh ulama kharismatik Indonesia, dari Nahdatul Ulama, KH Sholahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah tutup usia pada pukul 20.55 WIB, Ahad (2/2/2020). Gus Sholah meninggal dunia usai kritis saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. 

Kabar tersebut, disampaikan olej putra Gus Sholah, Irfan Wahid (Ipang Wahid) dari laman media sosialnya, yang memintakan permohonan maaf dari almarhum ayahnya jika ada kesalahan. “Mohon dimaafkan seluruh kesalahan,” tulis Ipang di laman Facebook dan Twitternya.

Gus Sholah, yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, itu dikabarkan mengalami diagnosa sakit jantung.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, sebelumnya, santri Ponpes Tebu Ireng mendoakan kesembuhan Gus Sholah petang ini. Usai shalat fardhu, para santri mengirimkan doa Al Fatihah untuk kesembuhan Gus Sholah.

Mundir Pembinaan Pesantren Tebu Ireng, Lukman Hakim, mengatakan Gus Sholah beberapa waktu terakhir ke luar masuk rumah sakit. Gus Sholah, kata dia, hanya dirawat ketika mengalami penurunan kesehatan.

Tokoh NU kelahiran 11 September 1942 itu meninggal di usia 77 tahun. Ia adalah seorang aktivis, ulama, politisi fan tokoh Hak Asasi Manusia.

Gus Sholah merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu), dan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Hasyim Asy’ari.

Dalam karir politiknya, Gus Sholah pernah menjadi anggota MPR RI pada masa awal reformasi 1998. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top