ADVERTORIAL

Manfaatkan Lahan Eks Tambang Jadi Peruntukan Lain, Bahar: Harus Ada Kajian

Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu

SAMARINDA, Kate.id – Rencana pemerintah yang ingin memanfaatkan lubang eks tambang sebagai lahan pertanian hingga peternakan mendapat respon dari Anggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu. 

Menurut Bahar, program rencana alih fungsi lahan eks tambang di Kaltim, menjadi lahan khusus ternak harus ada kajian matang.  Pasalnya, di Kaltim belum ada lahan khusus pengembangan ternak yang tidak bersusun dengan sektor lain.

Secara pribadi, Bahar cenderung kurang sepakat dengan adanya program tersebut. “Kalau bicara tentang peternakan itu, ternak itu juga butuh lahan subur. Nah, lahan eks tambang itu tidak subur,” kata mantan aktivis Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) ini. 

Politisi PAN itu menilai, jika pemerintah mau menggalakkan program tersebut, harus ada penelitian yang membuktikan bahwa kesuburan lahan untuk pakan ternak, dan juga harus bisa menjamin gizinya.

Bahar berpendapat, jika lahan bekas tambang sulit dimanfaatkan untuk sektor ekonomi lain. Tak hanya peternakan, tapi kolam tambang juga tak cocok untuk dijadikan kolam ikan. “Kalau tidak, ya akan mati juga. Kalau saya, sampai sekarang belum ada menemukan bahwa itu (lahan eks tambang untuk ternak) cocok,” sebutnya.

Bahar yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II ini pun menantang jika ada kajian yang telah dilakukan oleh pemerintah terhadap rencana proram tersebut. “Pemerintah harus bantah omongan saya. Membantahnya lewat penelitian bahwa itu cocok,” imbuhnya.

Ia meyakini, yang paling cocok adalah mengembalikan lahan eks tambang itu sesuai peruntukannya kembali. Sebagaimana diatur dalam UU, direklamasi. Ia malah idak merekomendasikan lahan eks tambang menjadi lahan peternakan.

Lebih lanjut, Bahar nerpendapat selama ini yang keliru adalah jajaran dinas yang tak kunjung meminta revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Karena, selama ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, merupakan salah satu OPD yang tidak pernah mendorong hal tersebut.

“Jika saja kemarin bilang, kita pasti akan mengatakan kepada pemerintah untuk menyediakan lahan khusus untuk peternakan,” tutupnya. (*) 

Comments

BERITA TERBARU

To Top