POLITIK

Tersangka Korupsi Belum Ditangkap, Fraksi Demokrat Sindir KPK

Benny K Harman. (Foto: Dok DPR)

Kate.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang belum bisa menangkap politikus PDI Perjuangan Harun Masiku mendapat sindiran dari Komisi III DPR RI. Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman menyebut KPK seperti tengah dikendalikan oleh partai penguasa.

“Masa seorang Masiku ini tidak bisa kita temukan, sedih saya. Kasus terorisme besar 3×24 jam gampang sekali dapatnya,” ujar Benny, Senin (27/1/2020) dikutip dari Republika.

Dia pun meminta KPK untuk tidak menyembunyikan hal-hal yang berkaitan dengan kasus yang sedang dalam penyidikan. Hal ini menurutnya penting agar publik tidak lagi ragu dengan kerja dari komisi antirasuah era Firli.

“Ini adalah momentum KPK punya otonomi atau tidak, di bawah tekanan penguasa atau tidak,” ujar Benny.

KPK telah menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka kasus penyuapan terhadap komisioner KPU yang telah diberhentikan Wahyu Setiawan. Harun sempat dilaporkan berada di luar negeri, namun belakangan Imigrasi menyebut ia sudah balik ke Tanah Air.

Sementara itu Ketua KPK Firli Bahuri mengaku sangat kesulitan untuk mencari keberadaan mantan caleg PDI Perjuangan, Harun Masiku. Bahkan hingga saat ini baik KPK maupun pihak kepolisian belum menemukan keberadaan tersangka kasus suap yang melibatkan Komisioner Komisi Pemberantasan Umum (KPU) Wahyu Setiawan itu.

“Kami terus mencari TSK HM, tapi mencari orang itu tidaklah gampang. Memang ibarat mencari jarum dalam sekam,” jelas Firli saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Kendati menemui kesulitan, Firli menegaskan bahwa KPK akan terus mencari keberadaan Politikus PDI Perjuangan tersebut. Pihaknya juga telah mencari Harun Masiku ke sejumlah tempat yang diduga menjadi tempat persembunyiannya, seperti di Sulawesi dan Sumatra Selatan. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top