ADVERTORIAL

Ketua DPRD Kaltim Dorong Pemerintah Carikan Solusi Masalah Banjir Samarinda

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK

SAMARINDA, Kate.id – Ribuan warga terkena dampak dari banjir di Kota Samarinda, beberapa hari ini. Saban tahun, Ibu Kota provinsi Kaltim itu kerap dilanda musibah banjir. Hal ini membuat Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK ikut prihatin.

Ia mengungkapkan, sudah seharusnya pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda duduk bersama. Mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan banjir agar tidak terulang dikemudian hari. 

Sebab, menurut mantan Bupati Berau ini, penangan banjir di Samarinda tak bisa diatasi dengan asal-asalan atau parsial. Karena sudah saban tahun terjadi. 

“Sudah seharusnya kita membuat kajian khusus. Kenapa banjir Samarinda terus-menerus. Saya kira banjir ini harus ditangani dengan baiklah. Kita juga jangan sekadar asal-asalan,” katanya, saat ditemui di gedung DPRD Kaltim, (24/1/2020). 

Asal-asalan yang dimaksud, kata Makmur, solusi yang dihadirkan pemerintah harus menggunakan kajian khusus dari para ahli guna membedah persoalan dan menemukan solusi yang ditawarkan. Dengan demikian, akan terukur apa yang harus dilakukan. Kebijakan apa yang harus dikeluarkan. Termasuk program infrastruktur apa yang harus dianggarkan.

Ia mengusulkan, Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda harus segera duduk bersama. Karena persoalan banjir Samarinda ini merupakan masalah yang tak kunjung mampu diselesaikan. “Kita tidak perlu saling menyalahkan lah. Saya juga ingin, bagaimana pemerintah provinsi dengan kota itu saling bersinergi,” imbuhnya.

Selain soal infrastruktur, Makmur juga menyoroti persoalan lingkungan yang juga menjadi hal penting dan harus diperhatikan. Baik dari pemerintah daerah, maupun masyarakat secara umum.

Ia menganggap, banjir tak hanya karena cuaca yang ekstrem. Namun juga diperparah dengan perencanaan pembangunan yang ada di Kota Tepian. Kurang memperhatikan aspek ruang terbuka hijau (RTH). “Resapan air juga tidak maksimal. Ke depan kita harus bangun bersama dengan memperhatikan hal itu,” ungkap Makmur.

Makmur menginginkan nantinya akan ada sebuah grand design solusi mengatasi banjir di Samarinda. Dia siap memperjuangkan politik anggaran untuk itu. Baik di provinsi Kaltim maupun di pusat. (tm)

Comments

BERITA TERBARU

To Top