RAGAM

Lima Komik Islami di Facebook yang Menarik Diikuti

KOMIK atau cerita bergambar kini bukan sekadar media hiburan. Melainkan dapat digunakan sebagai media edukasi dan sosialisasi. Termasuk juga sudah menjadi sarana baru bagi umat Islam untuk berdakwah. Hal ini tampak dari mulai bermunculannya para komikus muslim Indonesia yang menyajikan materi-materi dakwah lewat goresan tintanya dalam wujud komik yang menarik.

Serangkaian komik-komik islami ini sendiri kini dapat dibaca di berbagai platform media sosial, salah satunya facebook. Sebagaimana kelima komik islami berikut ini yang rasanya sayang untuk dilewatkan kaum muslim.

1.PENGEN JADI BAIK

Seperti judulnya, komik strip yang ditulis oleh komikus bernama pena Squ ini menceritakan tentang upaya sebuah keluarga untuk berusaha menjadi lebih baik. Cerita yang disajikan sesederhana gambar yang menjadi medianya. Namun demikian, pesan yang terkandung di dalamnya begitu dalam dan bakal membuat pembacanya mengangguk-angguk atau tersenyum sendiri.

Selain menampilkan kisah tentang keluarga muslim, Squ juga kerap kali membuat komik yang menyoroti fenomena kekinian, sembari mengaitkannya dengan hukum-hukum dalam agama Islam. Kumpulan komik strip ini sendiri telah dibukukan dan telah hadir dalam lima edisi buku seharga Rp 50 ribu. Bagi yang ingin membaca komik ini di facebook, bisa like FanPage Pengen Jadi Baik di sini. Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 114.449 orang yang menyukai FP tersebut dan 116.888 orang yang mengikutinya.

2. SI BEDIL

Bila Pengen Jadi Baik mengangkat tema keseharian keluarga muslim, komik strip Si Bedil tampil dengan karakter mahasiswa yang terbilang cukup nyeleneh. Dikisahkan, Si Bedil adalah mahasiswa kampus swasta yang tampan, tajir dan relijius. Omongannya nyentil, tetapi orangnya ceroboh. Namun demikian Si Bedil berusaha untuk menjalankan perintah-perintah agama sembari berbaik kebaikan kepada sesama.

Dengan mengambil karakter mahasiswa, Seto Buje selaku penulis dan penggambar komik ini seperti hendak lebih menyasar pada kalangan muda dan remaja muslim. Sama seperti Pengen Jadi Baik, Si Bedil kerap menampilkan unsur-unsur kekinian yang sedang jadi bahan pembicaraan, seraya memberikan masukan sesuai ajaran agama. Komik ini bisa dibaca di FanPage Si Bedil di Facebook, yang sudah disukai oleh 66.978 orang dan diikuti 67.395 orang saat artikel ini ditulis.

3. KOIN Komik Iseng Nuzie

Komik Iseng Nuzie punya tema kaum muda kekinian yang mirip seperti Si Bedil, namun bisa dibilang “lebih nakal” dengan sindiran-sindiran keras terhadap kondisi sosial dan politik kekinian yang terjadi di Indonesia. Si penulis sendiri mengaku komik yang dibuat ini hanya sekadar unek-unek, apresiasi, dan curahan hati dari komikusnya.

Tak jarang karakter Nuzie dalam komik ini menyampaikan kritik yang tampil secara blak-blakan kepada pemerintah dalam balutan visual sederhana namun begitu mengena. Khususnya terhadap peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan agama Islam. Alhasil, komik-komiknya pun kerap mengundang kontroversi namun tetap menarik untuk diikuti. KOIN Komik Iseng Nuzie bisa dibaca di FanPage-nya di Facebook. Setidaknya sudah ada 23.708 orang yang menyukainya dan 23.946 orang yang mengikutinya saat artikel ini ditulis.

4. ABUNNADA

Bicara buku, pendidikan, parenting, renungan, dan artistik, begitulah deskripsi singkat yang tertera dalam FanPage komik panel Abunnada di Facebook. Sekilas komik ini mirip dengan Pengen Jadi Baik, namun memiliki gaya visual yang berbeda dan lebih dalam membahas tema-tema Islami. Sang pembuat komik ini pun selalu memasukkan kisah-kisah serta ajaran keagamaan dalam setiap caption komiknya.

Tidak seperti komik-komik sebelumnya yang hadir dalam satu frame gambar, komik-komik bercerita dari Abunnada disajikan dalam rangkaian frame yang menyajikan satu kesatuan cerita utuh dengan pesan begitu dalam bagi yang membacanya. Dari pantauan Kate.id, komik Abunnada terbilang masih baru populer, terlihat dari jumlah suka dan pengikuti di FanPage Abunnada di Facebook yang masing-masing baru 8.440 dan 9.018.

5. THE MUSLIM SHOW INDONESIA

The Muslim Show Indonesia sejatinya merupakan versi berbahasa Indonesia dari komik strip islami asal Prancis, The Muslim Show garapan Studio BDouin. Komik ini selalu tampil fresh dalam setiap edisinya, dengan materi-materi keagamaan yang ditampilkan dalam setiap kombinasi gambarnya. Selain itu, juga menyoroti isu-isu sosial keagamaan, khususnya terkait perlakuan diskriminasi terhadap umat Islam di berbagai belahan dunia.

Sebelum versi bahasa Indonesianya hadir, versi bahasa Inggris The Muslim Show sendiri terbilang begitu populer di Indonesia dan Malaysia lantaran dianggap memiliki kesamaan latar belakang cerita. Komik ini begitu populer yang membuatnya diadaptasi ke dalam ragam bentuk seni rupa lainnya seperti animasi dan juga sudah hadir di aplikasi ponsel. Sayangnya versi bahasa Indonesia dari komik ini sudah lama tidak diperbarui, dengan unggahan terakhir pada pada FanPage The Muslim Show Indonesia bertanggal Mei 2019. Sebanyak 66.146 orang serta 66.947 orang sudah menyukai dan mengikuti FanPage-nya saat artikel ini ditulis.

Itulah tadi lima komik islami berbahasa Indonesia yang bisa dibaca di jejaring sosial Facebook dan menarik untuk diikuti. Apakah kalian sudah pernah membaca komik-komik tersebut? Atau bisa jadi kalian salah satu yang menggemari dan mengikuti komik-komik ini. (*)

Penulis: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top