ADVERTORIAL

DPRD Kaltim Perjuangkan Jalan Nasional agar Lebih Diperhatikan

SENO AJI
ANGGOTA KOMISI III DPRD KALTIM, SENO AJI

SAMARINDA, Kate.id – Kondisi jalan nasional di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memang masih banyak yang belum mendapat perhatian untuk perbaikan.

Melihat ini, DPRD Kaltim memperjuangkan ke pemerintah pusat untuk mendapat perhatian terhadpa jalan ansioal yang berada di Kaltim.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Seno Aji mengatakan, perjuangan tersebut telah disampaikan saat Komisi III melakukan kunjungan kerja ke Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, baru-baru ini.

Seno menjelaskan, dalam kesempatan itu pihaknya diterima oleh Kasubdit Teknik Rekonstruksi Direktorat Preservasi Jalan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Nyoman Suaryana. 

“Kami memohon agar ada penambahan anggaran perbaikan dan peningkatan jalan nasional yang ada di Kaltim,” kata Anggota Komisi III DPRD Kaltim Seno Aji, saat ditemui di ruangannya, belum lama ini.

Dari pertemuan itu tersampaikan bahwa, untuk memenuhi kebutuhan angaran tersebut diperlukan kerjasama yang baik antara pihak pemerintah dan wakil rakyat. Termasuk, menyusun skala prioritas jalan nasional mana yang harus mendapat perhatian. Suapaya program yang diusung berjalan dengan baik dan maksimal.

Jalan nasional di Kaltim, kata dia, dibawah naungan Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan. “Sehingga perlu kerjasama eksekutif, dan legislatif, untuk memastikan agar tambahan anggaran bisa turun lebih banyak ke Kaltim,” ujar Politikus Partai Gerindra ini.

Ia menilai, perbaikan jalan nasional di Kaltim sangat penting. Apalagi, dalam waktu beberapa tahun ke depan, Kaltim menjadi lokus dari Ibu Kota Negara. Oleh sebab itu, tak hanya pembangunan IKN saja yang diperhatikan, tapi juga infrastruktur dasar seperti jalan dapat menjadi prioritas untuk diperbaiki pemerintah. “Untuk mewujudkan itu, maka perlu pendekatan yang lebih baik ke pusat,” tegas wakil rakyat dapil Kutai Kartanegara ini.

Ia mencontohkan beberapa jalan nasional yang kundisinya sangat memprihatinkan, dan wajib mendapat perhatian pemerintah. Diantaranya, Jalan poros Samarinda – Bontang dan pelebaran jalan Balikpapan- Samarinda. Selain itu, jalan nasional di daerah pedalaman seperti di Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu.

“Bahkan konektivitas dari Kutai Barat ke Mahulu, belum masuk dalam peta di kementerian. Maka kami minta Kementerian untuk memperbarui peta perencanaan jalan nasional,” tandasnya. (sb)

Comments

BERITA TERBARU

To Top