ADVERTORIAL

Soal Lahan Eks Puskib Balikpapan, DPRD Kaltim Bakal Bentuk Pansus

Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Hasanuddin Mashud (Hidayat/kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Masalah lahan eks puskib Balikappan yang tak kunjung dimanfatkan oleh Perusda MBS ternyata menjadi persoalan serius yang disorot DPRD Kaltim. Apalagi adanya surat dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada Pemprov dan DPRD Kaltim, yang menginginkan agar provinsi dapat menghibahkan lahan eks puskib untuk dapat dikelola oleh Pemkot Balikpapan. DPRD Kaltim pun tengah merespon surat tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud menyatakan, pihaknya sudah menerima surat dari Pemkot Balikpapan tersebut. Pihaknya saat ini, tengah berupaya memuluskan langkah itu sudah masuk agenda DPRD Kaltim tahun ini. Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan ini, bahkan akan dibentuk panitia khusus (pansus) membahas lahan eks puskib.

“Ini sudah diagendakan Pansus oleh Komisi II dan III. Setelah reses Februari nanti akan dibentuk,” ungkap politikus Golkar tersebut.

Hasan menambahkan, pihaknya berupaya agar lahan itu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Karena selama ini nasibnya tidak jelas. MBS tetap bersikukuh mempertahankan aset itu, untuk digunakan untuk komersil.

“Puskib itu sudah berlarut- larut. Daripada itu terkatung- katung menjadi sarang ular, lebih baik dimanfaatkan. Dihibahkan ke pemkot Balilpapan,” bebernya.

Hasil pansus nanti, kata Hasan, akan mencari celah bagaimana lahan eks puskib itu untuk bisa dimanfaatkan. Termasuk memberikan deadline kepada BUMD MBS untuk pemanfaatan lahan tersebut.

“Kalau tidak bisa juga, ya sesuai aspirasi masyarakat Balikpapan saja. Kalau tidak dibuat sekolah ya buat taman kota. Kita tunggu saja nanti,” katanya.

Soal kemungkinan MBS menolak jika aset yang sudah diberikan, Hasan menegaskan, pihaknya akan mengonsultasikannya kepada kementerian terkait. “Kita akan konsultasikan ke kementerian dan DPR RI soal mekanisme penyerahan dan hibah aset ini,” pungkasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top