METROPOLIS

Sensus Penduduk Online Digelar Februari, Warga Kaltim Diimbau Perbarui Data Diri

Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjahjono menjelaskan perihal Sensus Penduduk Online. (Foto: Adi Suseno/Humas Pemprov Kaltim)

Kate.id – Sensus Penduduk bakal digelar Februari 2020 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kalimantan Timur (Kaltim). Oleh karena itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengimbau warga Kaltim untuk memperbarui data diri dan keluarganya dalam sensus tersebut.

Hal ini dikatakan Isran kala menerima kunjungan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim di Ruang Rapat Gubernur Kaltim Lantai II, Selasa (14/1/2020). Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjahyono.

Kunjungan BPS Kaltim tersebut dalam rangka meminta dukungan Gubernur Kaltim untuk menyukseskan sensus penduduk online yang akan dilaksanakan 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Dalam hal ini setelah sensus online digelar pada rentang waktu tersebut, semua elemen masyarakat termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim diminta atau menerima kedatangan petugas sensus pada Juli mendatang.

Isran Noor mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut. Isran juga memberikan imbauan kepada masyarakat Kaltim untuk memperbarui data diri dan keluarga demi menyukseskan sensus ini.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk mendukung dan menyukseskan sensus penduduk Tahun 2020. Segeralah perbarui data diri anda dan keluarga secara mandiri melalui sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Atau memberikan keterangan dan menerima kedatangan petugas sensus pada Juli 2020. Mari bersama mencatat Indonesia,” tutur Isran dikutip dari siaran pers Pemprov Kaltim.

Sementara itu Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjahyono mengatakan, sensus penduduk ini dilakukan setiap 10 tahun sekali sesuai aturan Undang-Undang. Kemudian 5 tahun sekali diadakan survei sebagai koreksi penduduk Kaltim. Setiap harinya, jumlah pendudun kian bertambah. Sebab lebih banyak yang lahir setiap tahunnya daripada yang mati.

“Untuk saat ini jumlah penduduk di Kaltim hampir mencapai 3,8 juta jiwa,” tutur Anggoro. Tak lupa, pihaknya juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Kaltim. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top