INTERNASIONAL

Tembak Jatuh Pesawat Ukraina, Iran Dituntut Bertanggung Jawab

Orang-orang berkumpul dalam peringatan korban jatuhnya pesawat penumpang Ukraina di gerbang Universitas Amri Kabir Teheran, Iran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Kate.id – Penembakan pesawat pernumpang Ukrainian Airlines oleh Iran berbuntut panjang. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sabtu (11/1/2020) mengatakan Iran harus mempertanggungjawabkan secara penuh penembakan pesawat Ukraina, yang kemudian jatuh serta menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya, termasuk 57 warga asal Kanada. Setelah sebelumnya Iran mengaku tak sengaja menembak jatuh pesawat tersebut.

“Apa yang telah diakui oleh Iran sangat serius. Penembakan jatuh pesawat sipil menjadi hal yang mengerikan. Iran bertanggung jawab secara penuh,” kata Trudeau saat konferensi pers.

“Kanada tak akan pernah berhenti hingga kami mendapatkan pertanggungjawaban, keadilan serta penyelesaian yang layak bagi para keluarga korban,” sambungnya.

Sejumlah penemuan oleh pakar Ukraina di Iran menandakan bahwa kebenaran soal kejatuhan pesawat penumpang Ukraina tidak dapat disembunyikan. Hal ini diungkapkan Presiden Volodymyr Zelenskiy melalui pidatonya, Sabtu.

Presiden mengatakan dirinya sepakat dengan Presiden Iran Hassan Rouhani soal kerja sama untuk memecahkan kode kotak hitam dari pesawat Ukraina itu, yang tertembak jatuh pekan ini. Zelenskiy juga mendesak semua mitra internasional Ukraina agar bersatu dan tak menyerah hingga penyelidikan peristiwa nahas itu rampung.

Iran pada Sabtu mengaku bahwa militer mereka melakukan “kesalahan fatal” dengan menembak jatuh sebuah pesawat Ukraina hingga menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya. Menurut Iran, senjata pertahanan udaranya tak sengaja ditembakkan saat berada dalam status waspada setelah roket Iran menghantam sejumlah target Amerika Serikat di Irak. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top