METROPOLIS

Setiap Daerah di Kaltim Diminta Siapkan Destinasi Wisata Unggulan

Gubernur Kaltim Isran Noor (tiga dari kiri) bersama Forkopimda memukul gendang tanda peluncuran Calendar of Event 2020. (Foto: Adi Suseno/Humas Pemprov Kaltim)

Kate.id – Setiap bupati dan wali kota di Kalimantan Timur diminta untuk menyiapkan minimal satu destinasi wisata unggulan daerahnya. Baik wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner maupun event unggulan lainnya.

Permintaan ini datang dari Gubernur Kaltim Isran Noor saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Provinsi Kaltim tahun 2020, Kamis (9/1/2020). Dalam puncak peringatan tersebut, Isran meluncurkan Calendar of Events (CoE) Tahun 2020 dengan ditandai pemukulan gendang bersama unsur Forkopimda Kaltim.

CoE2020 menjadi direktori berbagai event seni budaya, event kreatif dan event wisata olahraga yang tersebar di sepuluh kabupaten dan kota sejak Januari hingga Desember. Sebagai media promosi pariwisata, CoE menjadi panduan bagi para pelaku industri pariwisata untuk menawarkan paket wisata kepada pengunjung. Sekaligus sumber informasi atraksi wisata yang dapat dikunjungi sepanjang tahun 2020 di wilayah Kalimantan Timur.

Terkait Calendar of Events tahun 2020, Isran Noor berpesan kepada seluruh bupati dan walikota se-Kalimantan Timur untuk menyiapkan minimal satu destinasi wisata unggulan daerahnya. Baik wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner maupun event unggulan lainnya.

“Mari kita sambut ibu kota negara (IKN) baru dengan pengembangan sektor pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan. Guna mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan pengembangan infrastruktur wilayah yang memadai,” pesan Isran dalam siaran pers Pemprov Kaltim.

Menurutnya, pesona destinasi yang dimiliki Kaltim terpancar dari keindahan alamnya. Kekayaan budaya dan semakin berkembangnya kreativitas masyarakat dalam berbagai aksi, karya dan atraksi yang memikat yang tersebar luas.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni menambahkan, CoE Kaltim 2020 meliputi 62 event terdiri 26 event seni budaya, 28 event kreatif dan 10 wisata olahraga dari Januari hingga Desember tersebar di sepuluh kabupaten dan kota. “Pelaksana eventnya dari unsur Pemprov Kaltim, Pemkab dan Pemkot se-Kaltim serta asosiasi dan komunitas,” ungkap Sri. (*)

Comments

POPULER

To Top